Seni & Budaya

Pesta Boneka #9 "Seeds Of Hope, Akan Segera Digelar

Oleh : Admin / Senin, 21 Oktober 2024 16:30
Pesta Boneka #9 "Seeds Of Hope, Akan Segera Digelar

Gudeg.net - Sejak tahun 2008, Papermoon Puppet Theatre secara independen mengadakan PESTA BONEKA, sebuah festival teater boneka berskala Internasional. Festival yang diadakan per dua tahun ini menjadi ruang berkumpulnya seniman dan para pecinta teater boneka dari berbagai belahan dunia.

Tahun ini, dengan kembali menggunakan sistem pendaftaran terbuka, PESTA BONEKA menerima sekitar 100 proposal seniman dari 38 negara. Di tahun ini, PESTA BONEKA akan digelar di Yogyakarta dengan melibatkan 120 orang peserta dari 33 kelompok seniman dan individu, yang berasal dari 25 negara termasuk Indonesia.

SEJARAH PESTA BONEKA

Selama 14 tahun terakhir penyelenggaraan festival, PESTA BONEKA selalu memilih lokasi yang beragam, mulai dari ruang teater sampai ke desa. Upaya ini dilakukan untuk menghadirkan seni teater boneka di ruang yang lebih luas, dan selain itu juga untuk membuka interaktivitas yang lebih cair antara para seniman dengan penonton festival.

Sejak awal digelar, PESTA BONEKA adalah sebuah festival berskala internasional yang diupayakan secara mandiri oleh Papermoon Puppet Theatre. Berbagai upaya penggalangan dana dilakukan oleh tim Papermoon untuk bisa mewujudkan festival ini. Mulai dari membuat pentas keliling di berbagai kota, sampai juga membuat “DINING ROOM Project” yang pertama kali digelar di ruang makan Dian Sastrowardoyo bekerjasama dengan RUCI Art Space serta Beacon FIlm pada September lalu.

PESTA BONEKA yang awalnya hanya merupakan pagelaran sederhana yang dihadiri 4 seniman dari 4 negara di tahun 2008, kini telah bertumbuh dan berkembang. “Pesta Boneka has truly succeeded in sharing the rich culture and heart of Indonesia with participants and guests from all corners of the World. Hearts were deeply touched and minds were strengthened in order to encourage each of us to keep inspiring and healing the world around us.“ - Bernd Ogrodnik, World of Puppets - National Theatre of Iceland

TENTANG PESTA BONEKA #9

Tema tahun ini “SEEDS OF HOPE” hadir sebagai respon terhadap situasi dunia saat ini. Kami percaya bahwa kesenian, khususnya teater boneka, dapat menjadi media untuk menanamkan banyak benih harapan. Harapan akan tempat yang lebih baik, dunia yang lebih baik, masyarakat yang lebih baik, kehidupan yang lebih baik, komunikasi yang lebih baik, cara yang lebih baik untuk mendengarkan dan memahami satu sama lain.

Adapun Program PESTA BONEKA#9 tahun ini adalah :

1. Program Pertunjukan

PESTA BONEKA #9 akan diadakan secara terpusat di Kampoeng Media Resort Yogyakarta. Seluruh aktivitas festival akan menjadi satu dimana penonton dan juga seniman dapat berbagi momen perjumpaan ini di tempat yang sama. Pengunjung festival selama tanggal 23 - 27 Oktober 2024 akan menikmati berbagai sajian pertunjukan dari 33 seniman/ grup dari 25 negara. Setiap pertunjukan akan diikuti dengan sesi diskusi/ tanya jawab dengan penonton.

Seniman terlibat:

Bernd Ogrodnik (Islandia)

BIXO (Brazil/Australia)

Borneo Art Play (Indonesia)

BRAT (Italia)

Bright Ong (Malaysia/Singapura)

Carla Taglietti- Le Strologhe (Italia)

Chamber Music Puppet (Indonesia)

Compagnie Entre Les Fils (Perancis)

Dane Eissler (Amerika Serikat)

Dreams and a Heart (Inggris)

Goni Puppet Theatre (Indonesia)

Jae Sirikarn Bunjongtad (Thailand)

Kahanane Project (Indonesia)

Karla Kracht (Jerman/Spanyol)

Lìzé Puppet Art Colony(Taiwan)

Magica Mamejika (Jepang/Indonesia)

Marianna Lis (Polandia)

Mighty Woman Mini Puppet Collective (Thailand, Taiwan, Amerika, Vietnam)

Odivo Theatre (Slovakia)

Papermoon Puppet Theatre (Indonesia) & Usaginingen (Jepang)

Picos Puppet Palace (Australia/Canada)

Puppet and Its Double Theatre (Taiwan)

Puppet-Kkun BESISI (Korea Selatan)

Rolling Puppet (Macau)

Sekat Studio (Indonesia)

Talentshow Theatre (Thailand)

Teater Štrik (Austria/Slovenia)

Tiny Colossus Production (Jerman)

T?Lô Puppet Theatre Company (Vietnam)

Tom Lee (Amerika Serikat)

Uçaneller Kuklaevi (Turki)

Ulang Alik (Indonesia)

Utervision Company (Jepang)

2. Program Lokakarya dan Diskusi

Beberapa seniman yang akan terlibat dalam Pesta Boneka#9 juga akan mengadakan lokakarya dan diskusi dengan berbagai peserta. Kedua aktivitas ini ditujukan untuk seniman profesional, aktor, guru, pelajar, mahasiswa, manula, dan keluarga.

Partisipan terlibat:

Marianna Lis (Poland)

Papermoon Puppet Theatre (Indonesia)

Puppet-kkun BESISI (South Korea)

Utervision Company Japan (Japan)

Dane Eissler (US)

Regina Mendes (UK)

Tom Lee (US)

Rolling Puppet (Macao)

Lìzé Puppet Art Colony (Taiwan)

Uçaneller Kuklaevi (Turkiye)

3. Bazaar

Untuk melengkapi pengalaman festival bagi para pengunjung dan pengisi acara, PESTA BONEKA memberikan ruang dan kesempatan bagi para pelaku industri kreatif, seni, merchandise, dan FNB selama festival berlangsung untuk memperkenalkan produk mereka dan melakukan direct selling sebagai katalisator dampak ekonomi dari festival.

4. Program Pre Festival dan PESTA BONEKA On Wheels

Rangkaian program tahun ini juga menghadirkan beberapa program diluar rangkaian utama festival. Pre Festival Program akan melibatkan seniman PESTA BONEKA #9 sebelum festival berlangsung dalam berbagai kegiatan workshop dan pertunjukan di beberapa lokasi yang berbeda. Salah satunya, bekerjasama dengan ‘Ngaran Kite Festival’ yang juga merupakan rangkaian acara dari ‘Sleman Creative Weeks’ dan telah berlangsung pada Minggu, 13 Oktober 2024 yang lalu.

Menuju penyelenggaraan festival, PESTA BONEKA mengadakan konferensi pers dengan rekan-rekan media di Roca Restaurant - Artotel Yogyakarta pada tanggal 18 Oktober 2024 dilanjutkan dengan program workshop untuk publik pada 20 Oktober 2024. Artotel Yogyakarta merupakan official hotel partner PESTA BONEKA #9 yang turut serta mendukung akses dan akomodasi bagi para penikmat teater boneka.

PESTA BONEKA tahun ini untuk pertama kalinya menginisiasi program ON WHEELS, dimana kami memfasilitasi kebutuhan seniman manca negara yang terlibat untuk dapat mempresentasikan karya-karya mereka setelah festival berlangsung, serta sebagai upaya untuk memperluas jangkauan dan akses atas medium teater boneka. Bekerjasama dengan Gelanggang Inovasi dan Kreativitas UGM (GIK UGM) Yogyakarta, Komunitas Salihara Jakarta, dan GagasCeria Bandung, beberapa seniman Pesta Boneka akan mempresentasikan karyanya baik dalam format pertunjukan, workshop maupun masterclass.

PESTA BONEKA#9 : “Seeds of Hope”
23 - 27 Oktober 2024
www.pestaboneka.com
E. pestaboneka@gmail.com
IG. @pesta_boneka


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    BPPTKG

    BPPTKG

    Radio Kotaperak FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini