Seni & Budaya

Sujiwo Tejo, Seniman Edan yang Mencoba Melukis

Oleh : Dude / Senin, 00 0000 00:00
Sujiwo Tejo, Seniman Edan yang Mencoba Melukis

Pameran Semar Nggambar Semar - Sujiwo Tejo Setelah sekitar 14 tahun mengagumi tokoh wayang Semar, akhirnya seniman "edan" Sujiwo Tejo berkesempatan mengadakan pameran lukisan tunggal pertamanya di Jogja dengan tajuk "Semar Nggambar Semar" yang diselenggarakan di Jogja Gallery pada 10 - 16 Mei 2008.
 
"Saya tertarik dengan Semar sejak tahun 1994 setelah mendapatkan sebuah keris bernama "Semar Mesem" dari seseorang. Tiga tahun terakhir ini saya mencoba melukis tentang semar yang menurut saya senantiasa memberikan nasehat baik kepada semua orang seperti agar kita memikirkan orang lain," kata mas Jiwo, panggilan akrabnya dalam jumpa pers sebelum pembukaany pameran (10/05).
 
Menurut kurator Jogja Gallery, Mikke Susanto, tak mudah untuk menyeleksi karya lukisan Sujiwo Tejo beraliran ekspresionis yang lebih dekat kepada karya Sujoyono ini. Pada lukisan seniman kelahiran Jember tahun 1962 ini ada ciri khas yang sangat unik yakni tanda tangan yang selalu berbeda pada tiap lukisannya.
 
"Tak mudah untuk menyeleksi lukisan Sujiwo Tejo. Lukisannya beraliran ekspresif dan memiliki ciri khas yang unik yakni tanda tangan yang selalu berbeda pada tiap lukisan," kata Mikke.
 
Tak tanggung-tanggung, penyanyi yang telah menciptakan empat album ini mengundang Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Jimly Asshiddiqie untuk membuka pamerannya. Merasa terkesan dengan undangan Sujiwo Tejo, Jimly harus meluncur ke Jogja hanya untuk membuka pameran. Sebagai ucapan terima kasih, Sujiwo Tejo memberikan suvenir berupa lukisan Jimly Asshiddiqie yang secara khusus dibuat oleh seniman alumnus Teknik Sipil ITB ini.
 
Bagi Jimly, tokoh Semar yang setia kepada kebenaran sangat diperlukan oleh bangsa Indonesia saat ini. Diharapkan, pameran ini mampu memberikan inspirasi bagi semua orang untuk mengakrabkan ide-ide luhur dalam kehidupan serta jalan untuk masa depan yang lebih baik.
 
"Saya merasa terkesan dengan undangan Sujiwo Tejo. Jadi saya harus terbang ke Jogja hanya untuk membuka pameran ini. Semoga pameran ini mampu memberikan inspirasi bagi semua orang untuk mengakrabkan ide-ide luhur dalam kehidupan serta jalan untuk masa depan yang lebih baik," kata Jimly Asshiddiqie saat membuka pameran "Semar Nggambar Semar" Sujiwo Tejo di Jogja Gallery (10/05).
 
Dalam pameran ini, seniman juga dikenal sebagai dalang, penyanyi, pemain film bahkan sempat menjadi wartawan ini memamerkan 55 karya lukisnya dan 4 buah wayang yang terdiri dari dua Semar dan dua gunungan yang menjadi favoritnya.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    I-RADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    I-RADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini