Pendidikan

Semua Orang Mampu Menjadi Public Speaker

Oleh : Dude / Senin, 00 0000 00:00

Berbicara di depan umum bukan semata hak seorang pemimpin saja, namun tiap orang juga mempunyai hak untuk berbicara di depan publik untuk menyampaikan gagasannya.

"Bicara di depan publik bukan hanya hak seorang pemimpin saja, tapi hak semua orang yang memang ingin menyampaikan pendapatnya," kata mantan presenter yang kini menjadi pakar sekaligus praktisi public speaking, Charles Bonar Sirait di Toko Buku Gramedia, lantai 2 Plaza Ambarrukmo Yogyakarta (22/05).

Berbicara di depan umum, bagi masyarakat Indonesia mungkin belum terlalu populer, karena budaya tersebut memang belum terbentuk dalam keluarga di Indonesia. Berbeda dengan di Amerika yang telah membudayakan bangsanya untuk berbicara di depan publik.

"Di Indonesia, berbicara di depan umum mungkin belum terlalu populer karena budaya tersebut memang belum terbentuk sejak kecil. Hal ini berbeda dengan budaya berbicara di depan publik seperti di Amerika," katanya.

Sebenarnya, seorang public speaker yang baik bukan hanya mampu berbicara dengan baik saja, namun juga mampu mendengar pendapat dan pemikiran orang lain, dengan kata lain mampu berdialog dengan baik.

"Seorang public speaker yang baik, selain harus mampu berbicara dengan baik, juga harus mendengar pendapat dan pemikiran orang lain dan mampu berdialog dengan audience," katanya.

Pembaca acara di sejumlah program di televisi nasional ini ternyata telah lima tahun menggeluti dunia public speaking. Saat ini, penggemar Larry King dan Oprah Winfrey ini aktif mengajar di sejumlah lembaga public speaking seperti John Robert Powers dan Tantowi Yahya Public Speaking.

Menurut CBS, dirinya tidak tertarik untuk mendirikan lembaga pendidikan sendiri karena menurutnya hal itu akan membatasi dirinya untuk berpergian ke luar kota yang selama ini dilakukannya.

"Saya tidak mendirikan sekolah sendiri karena saya merasa akan terbatasi dengan hal tersebut. Saya tidak bisa ke luar kota seperti saat ini," katanya.

Hari ini (23/05), CBS berkesempatan untuk menjadi pembicara dalam acara roadshow workshop Charles Bonar Sirait "The Power of Public Speaking" yang akan diadakan di hotel Santika Yogyakarta mulai pukul 13.00 - 18.00 WIB.

Pada kesempatan tersebut, CBS akan berbagi ilmu dengan peserta workshop mengenai ilmu public speaking dengan mengupas buku yang ditulisnya yakni "The Power of Public Speaking".

0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini