Kesehatan

Waspadai Demam Berdarah!

Oleh : Dude / Senin, 00 0000 00:00
Waspadai Demam Berdarah!

Saat ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wirosaban Yogyakarta menangani pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang cenderung meningkat di wilayah tersebut. Pada bulan Februari ini jumlah pasien bahkan meningkat banyak dibandingkan kasus serupa pada Desember 2008 dan Januari 2009.

Menurut Direktur RSUD Wirosaban Yogyakarta Mulyo Hartana, penyebaran DBD masih berpeluang besar terjadi pada Maret mendatang, selama musim penghujan masih terjadi. "Pada bulan Maret mendatang peluang penyebaran DBD cukup besar," katanya kemarin (04/02/09).

Meski demikian, banyaknya kasus DBD yang terjadi belakangan tidak serta merta menjadikan Kota Yogyakarta sebagai daerah yang berstatus Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah Dengue (KLB DBD). "KLB itu ada kriteria yang sejauh ini tanda-tandanya di Kota Yogyakarta belum ada sama sekali," tegasnya.

Mulyo menjelaskan, sebuah daerah ditetapkannya berstatus KLB jika jumlah kejadian BDB mengalami peningkatan sebanyak 100 persen atau bahkan dua kali lipat yang diderita masyarakat dalam periode yang sama. Terlebih jika ada peningkatan angka kematian pasien dalam periode yang sama pula.

Akhir-akhir ini, selain menangani kasus DBD yang sebagian besar pasiennya dari kalangan anak-anak, RSUD juga menangani pasien yang mengalami penyakit diare yang juga cenderung meningkat seperti kasus DBD.

Untuk itu, pihak RSUD terus melakukan antisipasi dengan memanfaatkan jaringan Yogya Emergency System (YES) 118 dan melibatkan peran puskesmas di seluruh Kota Yogyakarta untuk melakukan pencegahan kepada pasien gejala atau positif DBD dan diare.

Selain itu, Mulyo juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan bak penampungan untuk mengantisipasi gejala penyakit DBD dan diare.  

Sementara itu untuk mengantisipasi lonjakan pasien DBD, RSUD telah menyiapkan 44 tempat tidur cadangan dari total 80 tempat tidur di kamar kelas III. Selain itu, gedung baru kelas III yang didanai APBD Kota Yogya sebesar Rp 1,6 miliar juga siap difungsikan apabila pihak rumah sakit kebanjiran pasien.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini