Pendidikan

Ratusan Mahasiswa Ziarah Ke TMP Kusumanegara

Oleh : Dude / Senin, 00 0000 00:00

Ratusan mahasiswa dari berbagai suku di Indonesia, Rabu (19/5) mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara dalam rangka ziarah kebangsaan.
Kegiatan yang diselenggaran oleh Dinas Sosial Propinsi DIY bekerjasama dengan Universias Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, dan Pamong Asrama Mahasiswa Dewantara (Asmadewa) tersebut dalam rangka membina, melestarikan, dan mendayagunakan nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial.

Kegiatan yang juga sebagai peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini diharapakan mampu mengenalkan dan memanamkan nilai-nilai kepahlawanan dari para pahlawan kepada generasi muda, serta untuk memperkenalkan keberadaan dan fungsi TMP..

"Kegiatan ini bagus untuk memanamkan rasa cinta tanah air dan mengenalkan TMP Kusumanegara kepada generasi muda yang ternyata ada dari mereka yang belum pernah mengunjungi TMP," kata Wakil Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti di TMP Kusumanegara Yogyakarta, Rabu (19/5).

Selain itu, ziarah yang dilakukan oleh seluruh elemen pemuda dari seluruh Asrama Mahasiswa di Yogyakarta ini diharapkan bisa mempererat rasa persatuan dan kesatuan, persaudaraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ziarah ini juga dihaparkan bisa merekatkan pemuda Indonesia agar tidak mudah terlibat dalam konflik antar pemuda sebangsa dan setanah air," tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Propinsi DIY, Sulistyo menyatakan, kegiatan ziarah kebangsaan ini diharapkan mampu menumbuhkan sentuhan jiwa agar ada pengendalian diri dari pemuda khususnya dalam mengisi kemerdekaan. "Semoga ziarah ini bisa menyatukan seluruh pemuda antarsuku di Indonesia untuk berjuang membangun masa depan," harapnya.

Kegiatan ziarah kebangsaan ini diikuti oleh sekitar 150 mahasiswa dari berbagai propinsi di Indonesia yang saat ini sedang menimba ilmu di Kota Pelajar Yogyakarta.

Selain melakukan tabur bunga dan berdoa bagi para pahlawan yang dimakamkan di TMP Kusumanegara, para mahasiswa juga akan kembali dikenalkan dengan nilai-nilai luhur pancasila oleh Kepala Dinas Sosial Propinsi DIY, Sulistyo.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini