Tips Hari Ini

Tips Aman Selamatkan Korban Kesetrum

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Seringkali terdengar berita-berita mengejutkan, dimana seseorang tewas tersengat listrik saat menolong orang lain yang mengalami hal serupa. Kabel yang salah pasang, terlalu kencang atau alat-alat listrik yang ada di dekat air menjadi penyebab kesetrum. Selain itu cara menolong yang salah menjadi  faktor lainnya. Lalu, langkah aman apa yang bisa Anda lakukan saat melihat orang lain kesetrum? Simak tips di bawah ini!

Pastikan diri sendiri aman
Sebelum menolong, matikan meteran listrik terlebih dahulu. Jika kecelakaan disebabkan aliran listrik, cabut steker. Seandainya kejadian ini karena listrik bertegangan tinggi, semisal dari mesin berat atau kereta api, panggil tenaga medis dan petugas PLN untuk mematikan listrik. 

Gunakan alat non konduktor
Alat non konduktor ialah alat yang tidak bisa menghantarkan listrik. Saat melihat korban sengatan listrik, carilah benda seperti gagang sapu dari kayu, kursi kayu atau gulungan koran untuk memindahkan korban. Selain itu, berdirilah di atas keset kering, triplek atau koran ketika memindahkan.

Padamkan api
Segera padamkan api yang membakar pakaian korban. Caranya dengan menutupkan selimut ke tubuh korban. Jangan sekali-kali menyemprotkan air karena bisa membuat luka lebih parah. 

Berikan pertolongan darurat
Miringkan korban, lalu periksalah saluran pernapasan. Jika ada sisa muntahan atau benda-benda lainnya, segera bersihkan. Lalu mulailah pernapasan bantuan dari mulut ke hidung.

Carilah pertolongan medis
Selama merawat korban, mintalah bantuan orang lain untuk memanggil tenaga medis.

Semoga tips hari ini berguna.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini