Tips Hari Ini

Tips Mengatur Pekerjaan Bagi Freelancer

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Deadlines yang semakin mepet dan pekerjaan menumpuk sering membuat pusing. Terutama bagi mereka yang bekerja sebagai freelancer. Seperti yang dikatakan Dick Lohr dalam bukunya "Taking control of Your Time and Your Life," ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur waktu dan pekerjaan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Bertanyalah
Cobalah Anda bertanya tentang harapan dan ekspektasi klien terhadap pekerjaan yang diselesaikan. Tanyakan juga tentang detail yang mesti dirampungkan.

Buatlah file cabinet
File cabinet sangat berguna untuk menyimpan dokumen dan mengurutkan nama klien berdasarkan alfabet. Sedangkan pada tempat yang terpisah buatlah tempat untuk menyimpan catatan-catatan.

Tulislah jadwal dan deadline
Cantumkan secara jelas kapan pekerjaan itu harus diselesaikan. Tuliskan di notes lalu tempelkan di desktop, reminder di piranti android serta google calendar.

Buatlah catatan atas perkembangan proyek
Tulislah setiap detail dari proyek yang dilakukan. Baik yang sifatnya positif atau negatif semisal ada beberapa hal yang tidak berfungsi semestinya. Bisa juga kritik dan saran dari klien.

Ada skala prioritas
Skala ini penting untuk menentukan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Jika bingung, bagi saja menjadi 4 kuadran antara lain penting dan mendesak, penting dan kurang mendesak, kurang penting dan mendesak sertak kurang penting dan kurang mendesak.

Laporkan perkembangan kepada klien
Jadwalkan secara rutin untuk mengirimkan laporan perkembangan kerja kepada klien. Hal ini sebagai "rambu-rambu" agar Anda tetap di jalan yang benar untuk memenuhi keinginan klien.

 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini