Tips Hari Ini

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Oleh : Thia Destiani / Kamis, 02 Juli 2015 03:47

Mendapatkan pekerjaan idaman adalah impian semua orang. Tentu saja sebelum mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan, Anda harus mengikuti seleksi terlebih dahulu. Seleksi awal yang sangat penting adalah melalui surat lamaran yang Anda kirimkan. Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Simak tips di bawah ini agar membantu Anda menulis surat lamaran yang baik.

Perhatikan Paragraf Awal dan Terakhir

Kedua bagian tersebut adalah pusat perhatian dari tubuh surat lamaran Anda. Pastikan bagian awal dan terakhir surat lamaran Anda berisi pesan yang to the point. Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual. Sementara di paragraf terakhir harus terlihat tegas dan meminta mereka menghubungi jika berkenan.

Gunakan Bahasa yang Sopan,  Baku, dan Efisien

Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan penggunaan bahasa dan ejaan dalam surat lamaran. Pastikan bahasa dan ejaan yang digunakan sesuai dengan EYD. Tulislah pesan dengan padat dan jelas dan hindari penggunaan kata yang berbelit-belit. Jangan menggunakan istilah yang rumit, gunakanlah bahasa yang ringkas dan mudah dipahami. Pastikan Anda menulis surat lamaran tidak lebih dari satu halaman, serta harus terlihat rapi dan bersih.

Jangan Menulis yang Sudah Tertera Dalam CV

Surat lamaran adalah pintu pertama bagi perusahaan dalam menilai kepribadian dan kemampuan Anda. Walaupun demikian Anda tidak perlu menulis semua hal yang terdapat dalam CV di surat lamaran. Anda cukup merangkum pencapaian dan data dengan singkat menggunakan kata-kata yang menarik.

Tulis Identitas Perusahaan yang Dilamar dengan Tepat

Jika Anda berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan Anda menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran Anda. Jika Anda akan membuat surat lamaran yang ditujukan pada seseorang, gunakan nama dan jabatan yang spesifik jika memungkinkan.

Tunjukkan Antusiasme

Pastikan surat lamaran kerja yang Anda tulis mencerminkan betapa antusiasnya Anda untuk mendapat pekerjaan tersebut. Jangan gunakan kalimat negatif dan gunakan kalimat kerja aktif yang dinamis.

Sertakan Tanda Tangan

Jika Anda mengirim surat lamaran kerja dalam bentuk fisik (hard copy), jangan lupa untuk menyertakan tanda tangan dalam surat lamaran Anda. Adanya tanda tangan menunjukkan keaslian dan keberadaan diri Anda.

Teliti Isi Surat Lamaran Sebelum Dikirimkan

Sebelum Anda mengirim surat lamaran ke alamat yang dituju, sangat penting untuk mengecek kembali surat Anda. Pastikan surat Anda terlihat bersih dari coretan dan kotoran, serta tidak ada kesalahan dalam tata bahasa.

Demikian tips karir dari Gudegnet semoga bermanfaat bagi Anda.

(Foto: www.looksharp.com)

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini