Tips Hari Ini

Cara Merawat Sepatu Sesuai Jenis Bahan

Oleh : Admin / Selasa, 08 September 2015 11:54

Saat ini ada berbagai bahan pembuat sepatu, diantaranya jeans, kanvas, suede dan sebagainya. Setiap jenis bahan mempunyai cara perawatan yang berbeda-beda. Sepatu yang berbahan kulit tidak bisa disamakan dengan sepatu yang berbahan suede dan lain dengan sepatu jenis lainnya. Inilah beberapa cara merawat sepatu sesuai dengan jenis bahan yang digunakan.

Sepatu Berbahan Suede

Cara merawat sepatu berbahan suede atau beludru memang harus lebih berhati-hati. Pada saat membersihkannya gunakan sikat atau handuk khusus untuk membersihkan sepatu berbahan suede. Gunakan  sikat halus atau penghapus untuk membersihkan kotoran yang membandel. Pada saat membersihkannya usahakan dengan cara satu arah supaya bahan suede tidak cepat rusak dan juga warna sepatu tetap bagus. Sikat dengan perlahan, jangan menekanya terlalu keras. Jangan lupa untuk menggunakan cairan khusus untuk membersihkannya, jangan menggunakan bahan kimia seperti detergen. Semprotkan pelindung bahan suede setiap hari supaya sepatu Anda tetap awet.

Untuk membuat sepatu berbahan suede anda tetap awet. Anda harus menghindari beberapa hal berikut ini. cara merawat sepatu berbahan suede inilah yang biasanya di lupakan oleh para pengguna sepatu. Pertama yang harus dihindari adalah anda jangan pernah malas untuk membersihkan sepatu yang berbahan suede. Jika ada sedikit noda harus langsung dibersihkan karena jika tidak dibersihkan kotoran tersebut akan semakin mengeras di sepatu dan akan lebih sulit untuk dibersihkan. Jangan menjemur sepatu suede dibawah sinar matahari langsung karena akan membuat bahan cepat rusak. Jika sepatu basah, didiamkan saja atau diangin-anginkan saja dan biarkan kering dengan sendirinya,

Sepatu Berbahan Kulit

Jenis sepatu yang selanjutnya adalah sepatu yang berbahan kulit. Cara merawat sepatu yang berbahan kulit juga berbeda dengan merawat sepatu yang berbahan suede. Jika sepatu ini selalu anda gunakan setiap hari, sepatu ini akan sering terkena debu. Jika setelah digunakan, bersihkan sepatu berbahan kulit dari debu. Bisa dengan menggunakan handuk halus atau spon yang halus. Jika tidak dibersihkan debu sepatu akan semakin menempel dan sulit untuk dibersihkan. Untuk membuat sepatu berbahan kulit anda terlihat selalu baru, Anda bisa menyemir sepatu Anda ketika akan digunakan. Pilihlah semir sepatu yang berkualitas dan sesuaikan warna semir dengan sepatu anda.

Untuk cara merawat sepatu berbahan kulit, anda juga harus menghindari beberapa hal berikut ini. Pertama jangan menggunakan sepatu berbahan kulit secara berlebihan karena akan membuat sepatu kulit anda mudah menekuk. Jangan gunakan sikat yang kasar ketika mencuci sepatu bahan kulit, karena akan membuat kulit mudah mengelupas. Gunakan sikat yang halus atau handuk saja pada saat membersihkannya. Jangan diletakan ditempat yang lembab dan di panas terik, karena akan membuat kulit sepatu Anda rusak.

Sepatu Berbahan Lainnya

Sepatu yang berbahan lainnya adalah seperti yang berbahan kanvas, jeans, dan masih banyak lainnya. Cara merawat sepatu yang berbahan ini juga berbeda dengan merawat sepatu berbahan suede maupun berbahan kulit. Tetapi untuk merawat berbahan sepatu ini memang tak serumit untuk  merawat sepatu suede atau kulit. Sepatu ini lebih mudah dalam perawatannya. Gunakan sikat yang bertekstur sedang tidak terlalu halus dan juga tidak begitu kasar. Saat membersihkannya juga tetap harus searah, supaya bahan sepatu lebih awet. Selain itu jangan merendam sepatu di dalam air dengan detergen, ini akan membuat sepatu anda mengerut.

Itulah beberapa cara merawat sepatu yang sesuai dengan bahan yang digunakan. Setiap jenis bahan mempunyai cara perawatan yang berbeda-beda. Jadi ketika membeli sepatu perhatikan terlebih dahulu jenis bahan sepatunya. Jangan sampai anda salah untuk merawatnya karena akan membuat sepatu anda cepat rusak. Untuk menghasilkan sesuatu yang bagus memang membutuhkan ketelatenan dan kedispilinan yang tinggi. Begitu juga dengan merawat sepatu Anda.

Sumber: royalsepatu.com

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini