Tips Hari Ini

BACA! Ini 3 Bentuk Geometri yang Membuat Foto Anda Semakin Dahsyat

Oleh : Admin / Jumat, 02 Oktober 2015 16:18

Saya suka memotret. Tapi sering lupa detail. Bisa jadi perasaan yang sama ikut Anda alami. Apalagi kalau urusannya dengan bentuk geometri, seperti segitiga, lingkaran, bujur sangkar, persegi panjang, kotak, garis silang atau garis sejajar. Benar! Meskipun bentuk-bentuk seperti itu banyak berseliweran di sekitar kita, tapi kerap luput dari pandangan.

Percayalah, meskipun bentuk geometri mampu mendongkrak kedahsyatan foto Anda, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Semisal, bentuk yang berulang-ulang, seperti lingkaran yang bergulung-gulung membentuk ombak. Tentu pemandangan itu sangat nyaman di mata. Sayangnya, ada bentuk-bentuk tertentu yang merupakan campuran antara berbagai bentuk geometri yang bisa membuat foto Anda kurang indah. Lagi-lagi itu ukurannya sangat subyektif. Latihan demi latihan-lah yang membuat rasa Anda semakin peka. Mata Anda semakin tajam, menyala menangkap setiap peristiwa dan benda.

Geometri sendiri terbagi atas tiga bagian yaitu geometri di sekitar kita, pembingkaian serta keseimbangan.

Geometri di sekitar kita

Foto ini saya abadikan saat menghadiri pameran di bentara Budaya Kompas di Yogyakarta. Bingkai-bingkai lukisan itu memudahkan saya dalam memotret. Satu hal yang saya yakini, jika ada dua atau tiga bentuk yang sama di bidang yang sama, maka keindahan hadir di antara mereka. Anda pun bisa menemukannya di sekeliling Anda. Caranya duduk, diam serta mengamati.

Sedangkan foto yang diatas ini saya ambil saat acara pameran di taman Budaya di Yogyakarta. Latar belakang bingkai aneka ukuran mempertegas objek foto itu sendiri. Dan lagi-lagi pengulangan berbagai bentuk membuat foto ini tampak semakin menarik.

Geometri pembingkaian

Foto gadis manis itu saya ambil diam-diam (candid). Daun-daun yang bentuknya mirip segitiga serta berbagai bentuk lainnya membingkai wajah tirusnya. Efek blur di bagian depan mempertegas wajahnya. Ada kesan dalam dan teduh yang ditimbulkan warna hijau daun-daun di depannya.

Atau foto kedua. Foto itu saya ambil saat berkemah di pantai Sundak, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika selama ini Anda memotret pantai sebagai objek panoramik. Nah, sekarang saatnya melihat aktivitas di tempat berair itu melalui bentuk geometri. Semisal, bentuk pintu tenda dome. Hasilnya seperti di bawah ini.

Geometri Kesimbangan

Geometri yang satu ini merupakan perpaduan berbagai jenis bentuk. Biasanya ada di dalam sebuah lanskap. Menurut saya, pemandangan Sunset di candi Ratu Boko, Yogyakarta bisa jadi contoh yang pas. Selain ada bentuk kotak, ada pembingkaian juga disana. Ditambah lagi bentuk mataharinya yang nyaris bundar.

Sahabat saya, Don, seorang barista tengah meracik kopi di Studio Kopi di ruko Babarsari miliknya. Berbagai elemen berbagai bentuk membuatnya menarik. Antara bentuk kotak, lingkaran, persegi panjang, serta kubus ada di dalamnya.

Anda pun bisa melatih kemampuan melihat benda-benda geometri ini secara mudah. Pertama, pilihlah satu bentuk. Semisal, lingkaran. Lalu, Anda bisa memotret semua benda berbentuk lingkaran dan mengabaikan bentuk lainnya. Kedua, tetapkan target. Tetapkan tujuan yang jelas, seperti dalam sehari mengumpulkan 10 foto benda berbentuk lingkaran. Setelah tercapai, Anda bisa mengganti bentuk lainnya.

Percayalah, dalam seminggu kemampuan memotret Anda menjadi lebih dahsyat.

Selamat mencoba

 

Albertus Indratno

Gudeg's Content Developer

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Handayani FM

    Handayani FM

    Handayani FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini