Tips Hari Ini

10 Cara Ampuh Melatih Kecerdasan Otak

Oleh : Thia Destiani / Rabu, 07 Oktober 2015 11:42

Olah raga tidak hanya penting membentuk tubuh agar tampak ideal. Otak pun juga memerlukan aktivitas olah raga agar kondisinya tetap sehat dan fresh. Apalagi bagi Anda yang dihadapkan pada dunia kerja yang dinamis dan kreatif. Kondisi otak yang segar sangatlah diperlukan. Semakin rajin Anda merawat otak, maka kemampuan berpikir pun akan semakin baik. Bagi  Anda yang terbiasa mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus, tentu pernah mengalami kesulitan fokus pada satu pekerjaan dan pikiran yang sering teralihkan. Karena itu, Anda harus melatih otak agar selalu dapat berpikir tajam dan bisa mencapai apa yang Anda inginkan dengan hasil optimal. Cobalah olahraga berikut untuk melatih otak Anda:

Berpikir Positif

Berpikir positif meningkatkan efektifitas otak dan membantu untuk menghindari hal-hal yang bersifat depresi. Jauhkan diri dari berprasangka buruk terhadap apapun serta dekatkanlah diri kepada Tuhan.

Istirahat yang Cukup

Kurang tidur dapat mengganggu kemampuan Anda untuk mengasimilasi informasi baru. Otak Anda butuh istirahat untuk beroperasi pada performa puncaknya. Jangan memaksa diri Anda untuk tetap terjaga ketika kelelahan sudah melanda. Hindari begadang dan milikilah pola tidur yang berkualitas.

Berolah raga Secara Teratur

Latihan kardiovaskular akan meningkatkan aliran darah ke otak yang bisa meningkatkan fungsi otak. Satu studi menemukan bahwa latihan fisik berguna untuk meningkatkan volume otak.

Membaca

Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan ringan (seperti komik atau majalah) maupun bacaan untuk informasi. Menurut studi Dr. Nikolaos Scarmeas pada tahun 2001, membaca dapat membantu membangun “cadangan kognitif” untuk menunda timbulnya demensia atau kepikunan.

Ubah Rutinitas

Mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Latihan yang bisa dilakukan misalnya, mandi dengan mata tertutup atau mengatur ulang kantor atau meja.

Menikmati Musik

Selain mendengarkan musik, belajarlah juga untuk memainkan instrumen musik. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indera sekaligus, seperti mendengarkan musik dan mencium bunga.

Membiasakan Aktif Menjadi Kidal

Lakukan tugas dengan tangan non-dominan, jika biasanya dominan tangan kanan maka gunakan tangan kiri (kidal) dan sebaliknya. Contohnya saat menggunakan mouse komputer, menyikat gigi dan mengikat sepatu dengan arah yang berlawanan. Menurut Franklin Institute, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.

Belajar Bahasa Asing

Dengan belajar bahasa asing akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak Anda mulai berbicara. Sebuah studi tahun 2007 di York University di Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

Tidurlah dalam Kondisi Gelap

Saat pagi, sinar biru memang sangat baik bagi tubuh. Namun, berbeda saat malam hari, paparan sinar biru di waktu ini justru dapat mengganggu kesehatan. Dengan meminimalsasi paparan cahaya biru yang berasal dari layar handphone, monitor, lampu, dan barang lainnya yang memendarkan sinar, Anda dapat mengistirahatkan otak dan membuatnya siap sepenuhnya untuk beraktivitas di keesokan hari.

Berpuasa Secara Berkala

Cara lain untuk menaikkan kinerja otak adalah berpuasa. Jika Anda berpuasa selama 16 jam, segala hal baik terjadi pada tubuh. Selain membakar lemak, sel otak jadi lebih resisten terhadap kerusakan yang disebabkan stres. Puasa secara berkala juga dapat menyingkirkan sel yang rusak dari otak dan memberikan ruang baru bagi sel muda untuk tumbuh.

Tidak sulit bukan cara melatih otak agar senantiasa sehat dan segar? Semoga tips dari Gudegnet bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba dan nantikan tips seru dan menarik selanjutnya.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini