Tips Hari Ini

9 Hal yang Harus Dilakukan Saat Liburan di Jogja

Oleh : Thia Destiani / Jumat, 04 Maret 2016 11:52

Akhir pekan telah tiba dan siapkah Anda untuk berwisata kali ini? Nggak usah bingung mau liburan kemana, ke Jogja aja. Ya, ke Ngayogyakarta Hadiningrat saja. Yogyakarta atau Jogjakarta atau Jogja atau monggo terserah Anda bagaimana menyebutnya, merupakan salah satu destinasi wisata utama di Indonesia. Selain biaya akomodasi yang cukup terjangkau, Yogyakarta memiliki berbagai keunikan dan atraksi wisata yang seakan nggak ada  abisnya.

Bagi Anda yang mempunyai rencana untuk berkunjung ke Yogyakarta, simak tips dari Gudegnet berikut, tentang hal-hal yang harus Anda lakukan selama berlibur di Yogyakarta.

#1. Mengunjungi Malioboro

Malioboro adalah salah satu destinasi utama bagi wisatawan ketika berkunjung ke Yogyakarta. Anda dapat berbelanja berbagai jenis barang atau sekedar window shopping. Pintar-pintarlah menawar ketika berbelanja di Malioboro. Mulailah menawar setengah dari harga yang ditawarkan dan gunakan ekspresi serta gesture yang tidak berlebihan seakan Anda tidak terlalu menginginkan barang tersebut (walaupun sebenarnya pengen banget!). Kalau tidak terjadi kesepakatan harga, berpura-puralah pergi meninggalkan penjual tersebut, dan berharaplah Anda akan dipanggil kembali. Selamat berbelanja.

#2. Berbelanja di Pasar Beringharjo

Selain Malioboro, salah satu destinasi wisata belanja di Jogja adalah Pasar Beringharjo. Berbagai komoditi dijual di pasar ini. Mulai dari sembako sampai fashion tersedia lengkap di Pasar Beringharjo. Gunakan trik menawar seperti di Malioboro jika Anda menginginkan harga terbaik.

#3. Makan Gudeg

Liburan di Jogja belum afdol kalau belum makan gudeg. Tidak perlu bingung memilih rumah makan yang menjual gudeg di Jogja, karena ada banyak rumah makan gudeg yang tersebar di hampir semua penjuru Yogyakarta. Salah satu tempat yang paling terkenal untuk menikmati gudeg adalah di sentra gudeg daerah Wijilan, dekat dengan Alun-alun Utara.

#4. Berfoto di Tugu Yogyakarta


Hampir di setiap sore menjelang malam, perempatan tugu menjadi sibuk dengan banyaknya orang yang ingin berfoto di depan Tugu. Jumlah orang yang berfoto akan meningkat saat malam mulai larut. Tetap perhatikan cara Anda berfoto, jangan melebihi batas, jangan sampai mengambil foto di tengah jalan karena akan menganggu arus lalu-lintas. Pastikan Anda tetap berperilaku sopan ketika ber-selfie-ria.

#5. Makan di Angkringan

Selain gudeg, ada satu lagi kuliner khas Jogja yang harus Anda coba, angkringan. Menunya mungkin sudah tidak asing bagi Anda, namun Anda akan menemukan suasana yang berbeda ketika bersantap di angkringan. Suasana khas Jogja yang akrab, tenang, dan gayeng yang mungkin tidak ditemukan di tempat lain. Ada banyak angkringan yang dapat Anda kunjungi, tempatnya pun tersebar di seluruh penjuru Jogja.

#6. Menikmati Pantai

Jogja dan pantai adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Ada banyak pantai di kawasan selatan Daerah Istimewa Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi. Semilir angin panrai yang menenangkan akan makin terasa syahdu ketika Anda berkunjung bersama keluarga, teman, atau orang terkasih. Tetap jaga kebersihan selama berkunjung di pantai.

#7. Mengunjungi Kraton Yogyakarta

Mengunjungi Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah satu keharusan ketika Anda berlibur ke Yogyakarta. Tempatnya mudah dijangkau, yaitu di selatan Alun-alun Utara Yogyakarta. Anda dapat melihat keagungan seni dan budaya Jawa melalui keberadaan abdi dalem, bangunan Kraton dan Museum yang terletak di dalam area Kraton.

#8. Mengunjungi Candi-Candi

Selain Kraton dan pantai, Yogyakarta juga kaya dengan tinggalan situs dan benda cagar budaya masa klasik. Salah satunya adalah candi yang tersebar di kawasan timur Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi-candi yang tersebar di penjuru Yogyakarta ini tidak kalah eloknya dengan Candi Prambanan dan Ratu Boko. Agar perjalanan Anda selama mengunjungi candi tetap enjoy dan menyenangkan baca tips ini.

#9. Membeli Oleh-Oleh Khas Jogja

Apalah arti liburan tanpa beli oleh-oleh. Apalagi teman atau kerabat Anda yang tidak beruntung untuk ikut berlibur bersama Anda pasti mengharapkan buah tangan. Oleh-oleh khas yang layak Anda bawa pulang seperti, bakpia, gudeg candil, dan kaos unik dengan tema Jogja. Belilah oleh-oleh di tempat resmi. Hati-hati dengan produk tiruan dengan kualitas dan vendor yang tidak terpercaya.

Demikian tips dari Gudegnet, semoga dapat membantu Anda selama menikmati liburan di Yogyakarta. Selamat berlibur!


2 Komentar

  1. liemz Jumat, 01 Januari 2016

    ahh yang cakep2 pada diumpetin mulue.

  2. Efrila Kamis, 07 Januari 2016

    Cm ga ke pasar bringharjo dan foto selfi di tugu aja. Pas mau selfi ga pernah sempet jadi lewat aja deh

Kirim Komentar


jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


UNIMMA FM 87,60

UNIMMA FM 87,60

Radio Unimma 87,60 FM


SOLORADIO 92,9 FM

SOLORADIO 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


UNISI 104,5 FM

UNISI 104,5 FM

Unisi 104,5 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini