Tips Hari Ini

Tips Mahir Berbahasa Inggris Bebas Ribet ala B-R-A-V-E

Oleh : Albertus Indratno / Kamis, 29 Oktober 2015 16:13

Bahasa Inggris sangat dibutuhkan pada saat ini apalagi dalam kompetisi global maupun regional.  Faktanya masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menguasai bahasa Inggris. Hambatan belajar bahasa Inggris dalam persepsi mereka yang belum menguasai bahasa Inggris adalah grammar sulit, tidak menguasai banyak kosakata, kosakatanya terlalu sulit, mendengarkan orang lain berbicara bisa, tapi tidak bisa mengungkapkan idenya sendiri, dan sebagainya. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah yang mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris tersebut sudah benar benar meluangkan waktu dan energinya untuk belajar bahasa Inggris dengan intensitas tertentu? Bila belajar bahasa Inggris, bahkan belajar apapun, tanpa frekuensi, fokus, dan intensitas tertentu, dipastikan tidak akan memperoleh hasil maksimal. Apalagi belajar bahasa Inggris sambil lalu, ketika menemui kesulitan kemudian berhenti, pasti mengalami kesulitan menguasainya. Kabar buruknya adalah kesadaran akan kebutuhan bahasa Inggris justru ketika akan mencari pekerjaan atau setelah bekerja. Mengapa kabar buruk? Karena sudah sibuk, malu kalo harus belajar lagi bersama anak anak sekolah, dan sebagainya. Padahal tuntutan agar segera bisa menguasai bahasa Inggris sangat mendesak.

Kabar baiknya, telah dikembangkan sebuah metode belajar bahasa Inggris yang dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh mereka yang perlu menguasai belajar bahasa Inggris tanpa membuang waktu, ribet dengan grammar maupun kesulitan menguasai kosakata. Metode tersebut disebut Brave Method. Brave merupakan akronim yaitu singkatan dari B R A V E.

Break the handicaps in learning English, artinya menghancurkan semua hambatan belajar bahasa Inggris. Metode ini meniadakan hambatan tersebut dengan teknik yang unik. Pembelajar tidak perlu belajar grammar secara khusus karena grammar diajarkan dengan modeling. Bila dibutuhkan pembahasan tutorial, disediakan dalam bentuk tulisan tutorial dengan bahasa sederhana atau dibahas secara khusus ketika grammar tersebut ensensial dalam memahami suatu transaksi bahasa. Esensial maksudnya penting dan akan menghambat pemahaman kalau tidak dikuasai.

Reproduce the new words, expressions or context, artinya Grammar, kosakata, atau ungkapan yang dipelajari tidak berhenti pada pemahaman makna, tapi penggunaan dalam konteks yang sama dan kemudian bisa menggunakan dalam konteks yang berbeda. Contoh ketika menemui kata “Interest” yang artinya tertarik. Pembelajar dapat menggunakan kata interest, yang berarti tertarik. Kemudian pembelajar dapat menggunakan kata interest dalam konteks yang berbeda seperti bunga dalam perbankan. Itu yang dimaksud dengan reproduksi.

Action in using English in communication, artinya berkomunikasi dalam bahasa Inggris adalah cara terbaik untuk belajar bahasa itu sendiri. Ungkapan Practice Makes Perfect berlaku disini. Pembelajar dikondisikan untuk terus berpraktek berkomunikasi selama pembelajaran baik secara lisan maupun tertulis.

Valiant in expressing ideas, artinya pembelajar selalu dimotivasi untuk berani mengemukakan pendapat tanpa berpikir salah benar karena tidak ada yang menyalahkan atau membenarkan. Yang penting orang lain memahami ide yang diungkapkan.

Enjoy the communication, artinya pembelajar menikmati komunikasinya. Komunikasi bisa dinikmati ketika bisa didengarkan, dipahami, dan direspon. Cara pembelajaran yang fun dititikberatkan pada nyaman dalam berkomunikasi bukan lucu dalam penyampaian materi.

Bagaimana implementasi visi akronim dalam pembelajaran? Metode Brave diimplementasikan dalam 4 tahap, yaitu, Experience, Elaboration, Confirmation, dan Application.

Experience

Pengalaman berbahasa yang terbaik adalah bertransaksi bahasa di tempat di mana bahasa Inggris digunakan. Pengalaman berbahasa seperti ini tidak bisa dinikmati banyak orang. Cara terhemat dan termudah untuk dilakukan adalah memanfaatkan wahana konteks bahasa berupa film, teks cerita, dialog, atau lagu. Wahana konteks bahasa tersebut digunakan untuk mengembangkan keterampilan apresiasi, komprehensi, dan pemahaman aspek bahasa seperti grammar dan kosa kata yang esensial dalam wahana tersebut. 

Elaboration

Elaborasi adalah pengungkapan ide cerita dari wahana berbahasa yang diapresiasi dan dikomprehensi. Pengungkapan ide cerita dengan menggunakan bahasa sendiri dalam bentuk tertulis dan lisan. Dari pengungkapan lisan, dilakukan diskusi dan modeling ungkapan yang tepat.

Confirmation

Konfirmasi adalah proses menguatkan atau membetulkan kesimpulan yang belum sesuai. Konfirmasi dilakukan oleh mentor atau pembelajar lain yang lebih terampil baik berhubungan dengan konten (isi cerita) maupun aspek bahasa. Bila belajar mandiri, konfirmasi bisa dilakukan melalui email atau media komunikasi yang lain.

Application

Aplikasi adalah proses reproduksi dari apa yang dipelajari dalam bentuk tertulis maupun lisan. Aplikasi terdiri atas proses produksi maupun reproduksi. Aplikasi berbentuk reproduksi berbentuk karangan dengan bahasa sendiri dan dengan topic yang berbeda dari yang dipelajari meskipun dari tema yang sama.

Metode ini sudah terbukti berhasil menjadikan peserta lebih berani berbahasa Inggris, baik lisan maupun tertulis. Jadi, dengan metode yang benar, tidak ada lagi yang mengeluh bahasa Inggris sulit.

 

Penulis 

Drs. Indroyono, 

English Instructor

Brave Method Developer

Tinggal di Sleman, Yogyakarta

 

 

1 Komentar

  1. joni Jumat, 30 Oktober 2015

    Wah seru nih . Boleh di coba . Cara ikut nya gimana gan ??

Kirim Komentar

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JogjaFamily 100,9 FM

JogjaFamily 100,9 FM

JogjaFamily 100,9 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


SoloRadio 92,9 FM

SoloRadio 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini