Tips Hari Ini

Tips Camping di Pantai

Oleh : Thia Destiani / Jumat, 30 Oktober 2015 16:23

Bosan dengan liburan yang gitu-gitu aja? Pengen liburan ke luar negeri tapi nggak punya duit? Janganlah risau wahai anak muda, marilah kita camping aja. Camping atau berkemah tidak harus di tanah lapang seperti saat Pramuka di sekolah dulu. Salah satu tempat paling asyik untuk camping adalah di pantai. Bisa dibayangkan dong sejuknya hembusan angin pantai dan eksotisnya pemandangan laut yang terhampar luas seakan tak berujung. Agar camping Anda tidak zonk, simak tips berikut.

Survei

Tentukan pantai yang akan digunakan untuk tempat berkemah. Pastikan ketersediaan tempat untuk mendirikan tenda dan menggelar berbagai acara seperti api unggun atau memasak. Pastikan tempat yang akan digunakan untuk berkemah dekat dengan kamar mandi dan warung. Jangan lupa untuk mengecek ketersediaan tempat parkir yang aman untuk memarkir kendaraan Anda selama kegiatan.

Siapkan Peserta

Camping akan lebih mengasyikan jika melibatkan banyak orang. Ajak teman-teman atau keluarga Anda dalam kegiatan ini. Perhatikan baik-baik kebutuhan personal tiap peserta terutama yang memiliki alergi atau penyakit tertentu. Mintalah mereka untuk membawa obat-obatan pribadi.

Perhatikan Ramalan Cuaca

Sebelum Anda berangkat untuk berkemah di pantai, ada baiknya Anda memperhatikan prakiraan cuaca dari badan terkait seperti BMKG. Hal ini akan bermanfaat untuk mempersiapkan diri dengan peralatan yang dibutuhkan sesuai prakiraan cuaca. Jika prakiraan cuaca menyebutkan akan berawan atau hujan, maka Anda dapat mengantisipasinya dengan membawa perlengkapan tambahan seperti jas hujan dan tenda anti badai.

Siapkan Perlengkapan

Berkemah tidak hanya soal tenda. Anda juga harus menyiapkan perlengkapan untuk tidur seperti matras, sleeping bag, dan baju hangat serta berbagai alat untuk memasak. Tidak perlu memindah dapur rumah Anda ke pantai, tapi cukup membawa alat masak khusus untuk aktivitas outdoor yang serbaguna dan praktis. Kecuali Anda berencana untuk melakukan pesta barbeque, maka alat pemanggang dan kelengkapannya harus disiapkan.

Siapkan Logistik

Bawalah konsumsi secukupnya. Jangan sampai Anda kekurangan makanan dan minuman selama berkemah. Karena bukan tidak mungkin Anda tidak menemukan tempat makan atau mini market di dekat pantai.

Bawa Pakaian Ganti

Bawalah pakaian ganti secukupnya. Jangan sampai Anda tidak mengganti pakaian saat Anda basah ketika bermain air. Pastikan badan Anda tetap kering dan bersih.

Siapkan Acara yang Menarik

Buatlah acara yang menarik seperti api unggun atau bernyanyi bersama. Bergembiralah bersama teman-teman atau keluarga dan buatlah acara kemah yang berkesan.

Bersihkan Lokasi Setelah Selesai

Setelah Anda selesai dengan kegiatan berkemah di pantai jangan lupa untuk membersihkan semua sampah yang berserakan. Sayangi lingkungan dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak.

Demikian tips dari Gudegnet, semoga dapat menjadi inspirasi Anda untuk berlibur di akhir pekan ini.

3 Komentar

  1. aan Rabu, 16 Desember 2015

    minta lokasi nya dong... yang aman dan ada kamar mandinya utk daerah pantai di jogja terimakasih.

  2. Gudegnet Kamis, 17 Desember 2015

    @aan: salah satu pantai yang representatif untuk camping yaitu di Pantai Sundak, seperti lokasi yang digunakan untuk gambar di atas :)

  3. Imam Rabu, 16 Maret 2016

    Kalo pantai kan area pasir min,trus gmna cara jamin agar tenda kuat? Sdgkan pasak yg biasa saya gunakan di gunung hanya berukuran skitar 20cm?? Tq

Kirim Komentar

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


JogjaFamily 100,9 FM

JogjaFamily 100,9 FM

JogjaFamily 100,9 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


Radio GCD  98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini