Tips Hari Ini

6 Tips Sehat Terapi Oksigen dengan Olah Raga Ala Ahli Fisiologi UGM

Oleh : Budi W / Selasa, 22 Maret 2016 11:03

 

Terapi oksigen hiperbarik saat ini sedang menjadi tren dikalangan orang berduit terutama yang mengalami sakit untuk penyembuhan luka seperti diabates, patah tulang, luka trauma, dan terapi radiasi. Namun tahu kah Anda jika dengan berolah raga saja, menurut Ahli Fisiologi UGM Dr.dr. Zaenal Muttaqien Sofro, AIFM, olah raga dapat membantu menyembuhkan penyakit? ini dia buktinya untuk Anda.

Satu cara yang cukup ampuh terapi oksigen yang aman, mudah dilakukan, murah, dan bisa dilakukan oleh setiap orang yakni dengan olah tubuh seperti itu.

Secara umum, terapi oksigen pada dasarnya adalah menghantarkan oksigen ke dalam tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan olah raga yang berprinsip FITT (Frequency, Intensity, Time, and Type).

#1 Olah Raga Secara Teratur
Guna meningkatkan pasokan oksigen dalam darah bisa dilakukan dengan melakukan olahraga secara teratur dan terukur yaitu 3-5 kali setiap minggunya.

#2 Lakukan Gerakan yang Berintensitas Sedang
Olah raga yang Anda jalankan harus dilakukan dengan intensitas sedang, tidak boleh terlalu berat ataupun ringan. Olahraga dilakukan dalam durasi 30-45 menit setiap sesinya, tidak boleh kurang maupun lebih agar tidak terjadi keracunan oksigen.

#3 Lakukan Gerakan Secara Ritmis
Contoh gerakan yang bisa Anda terapkan dalam olah raga ini berupa aktivitas yang kerap menggunakan otot besar seperti senam, bersepeda, renang, jogging, dan jalan cepat.

#4 Olah Raga Terbukti Membentuk Pembuluh Darah Baru
melakukan olahraga akan membentuk pembuluh darah baru. Dengan begitu, dapat memperlancar peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Semakin banyak oksigen yang terserap maka semakin baik tubuh dalam memperbaiki jaringan yang rusak.

#5 Olah Raga Pasokan Oksigen Naik
Olah raga adalah cara yang mudah dan murah untuk meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh. Selain itu juga aman dan bisa dilakukan secara massal.

#6 Jangan Lupa Air Putih
Selain melakukan olahraga secara rutin, Zaenal juga menghimbau untuk memenuhi kebutuhan air minum setidaknya 8 gelas sehari atau sekitar 1.500 liter. Hal ini diperlukan untuk memperlancar sirkulasi oksigen dalam darah.

Itulah tips olah raga ala Ahli Fisiologi UGM, semoga bermanfaat dan tetap sehat.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini