Seni & Budaya

Unik, Nyadran dilakukan di Tengah Pasar

Oleh : Budi W / Rabu, 17 Mei 2017 19:00
Warga dusun Saren laksanakan ritual sadranan


www.gudeg.net, Yogyakarta - Kegiatan ritual budaya dan agama yang bernama sadranan merupakan aktivitas masyarakat Jawa baik itu yang muslim maupun yang non muslim melakukan aktivitas bersih kampung, bersih makam dan mendoakan leluhur merupakan aktivitas budaya yang hingga kini masih terus terpelihara baik pada masyarakat Jogjakarta. Sadranan biasanya dilakukan pada bulan ruwah (sya'ban) hingga menjelang akhir ruwah.

Tim Gudegnet menyambangi dusun Saren, Babadan, Wedomartani, Sleman yang pada rabu sore (17/05) melakukan aktivitas dan dilaksanakan pada sebuah pasar yang letaknya tak jauh dari desa tersebut. Doa bersama yang dilakukan oleh 800-an warga dusun Saren tersebut berjalan dengan khidmad yang menghadirkan seorang penceramah yakni Ustadz Ahmad Danang.

Dalam ceramahnya, ia mengatakan bahwa ritual sadranan sangat lekat dengan umat muslim terkhusus pada birrul walidain atau dalam bahasa sehari-hari dikenal dengan arti berbakti pada kedua orang tua. "Birrul Walidain merupakan sebuah sikap untuk berbuat baik yang dilakukan oleh seorang anak kepada kedua orang tua," katanya.

Ia mencontohkan bahwa sadranan dapat mengingatkan umat manusia yang masih hidup didunia untuk selalu ingat akan kematian, Warga diajak untuk selalu berbuat baik. Jika berbuat baik, maka yang akan menjadi balasan adalah syurga. Namun, jika berbuat buruk maka nerakalah balasannya. Aktivitas yang berlangsung semenjak jaman nenek moyang ini juga mengajak kita untuk mengingat jasa leluhur, tambahan pahala dalam menyempurnakan ibadah serta sebuah bentuk bakti pada orang tua.

"Yang sudah meninggal kita doakan, yang masih hidup kita mintai restu. Selain itu, birrul walidain juga berguna untuk menyempurnakan ibadah kita pada Allah SWT," katanya.

Setelah pengajian, acara dilanjutkan dengan makan bersama yaitu mencoba hasil masakan para ibu dusun Saren dengan mengasup nasi tumpeng, ingkung, sayuran dan aneka kolak serta apem.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini