Sosial Ekonomi

Cara Ajib Tinggalkan Rumah dan Kost-an Saat Mudik

Oleh : Budi W / Rabu, 21 Juni 2017 10:00
Suasana Mudik di Kawasan UPN Jogja

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Maling punya banyak cara untuk mengelabui pemilik rumah. Namun, minimal kita bisa melakukan upaya mitigasi dari kegiatan pencurian yang sangat merugikan dan bikin hati kita gundah gulana. Tim Gudegnet menyusun sejumlah kiat yang bisa kita terapkan baik itu dirumah, kontrakan bahkan Kost-kostan. Berikut tipsnya :

#1 Klasik Tapi Wajib
Perhatikan kunci pintu rumah dan jendela secara cermat. Jangan sampai ada 1 yang tak terawasi. Jika ada bagian kunci yang sudah tidak berfungsi, alangkah baiknya segera diganti yang baru. Jangan lupa juga kunci dobel pagar rumah agar maling bekerja ekstra kuat jika benar-benar niat akan maling. Dengan kunci ganda, maka suara gaduh dari luar akan terdengar oleh tetangga. Jangan lupa titipkan rumah pada tetangga agar mereka bisa membantu mengawasi rumah kita.

#2 Bersihkan Rumah dan Tutup Lubang Pembuangan
Pekerjaan ini cukup dibilang lumayan menyita waktu jika dikerjakan tampa tukang. Libatkan anggota keluarga untuk menutup lubang serta ketika membersihkan rumah. Selain menghalau bau busuk dan serangga masuk kedalam rumah, maka maling pun akan mengira ada orang didalam rumah karena kondisi sekitar rumah yang bersih. Biasanya, maling cenderung mendekat ke rumah apabila kondisi rumah berserakan daun-daunan. Itu artinya, tidak ada yang ada didalam rumah. Bisa kecolongan nanti!

#3 Cabut Gas dan Matikan Peralatan Elektronik
Cara ini bisa dibilang sebagai upaya pencegahan pada kebakaran serta konsleting. Meski mudah, tapi banyak yang lupa menerapkan kiat-kiat ini. Selain itu, kita juga akan lebih irit di tagihan listrik karena memangkas peralatan listrik yang tak perlu.

#4 Lampu Otomatis Penting Banget
Penerangan lampu yang secara terus menerus dibagian luar dan dalam akan membuat maling mengetahui jika rumah kita kosong. Alangkah baiknya, pasang lampu otomatis yang diset hidup jam 17.30 dan mati jam 05.30 pagi misalnya. Selain itu, irit listrik ditengah-tengah naiknya TDL bisa jadi solusi hemat kita juga.

#5 Matikan PAM dan Kran Air
Agar tidak kaget dengan tumpukan tagihan yang berlebihan, sebaiknya matikan pula jalur PAM dan kran air agar tidak ngocor. Kalau seminggu saja kran hidup sedikit saja secara akumulatif akan berdampak pada tagihan air akhir bulan. Jangan sampai ini terjadi ya!

#6 Simpan Barang Berharga
Jangan lupa, selalu amankan barang berharga ditempat yang aman. Syukur-syukur bisa disimpan di save deposit box.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini