Tips Hari Ini

Coba Cara Ini Saat Kembali Bekerja Setelah Liburan

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 04 Juli 2017 14:00
Ilustrasi bekerja

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Setelah libur Lebaran, sebagian besar kantor sudah masuk pada pekan ini. Kembali bekerja setelah liburan tentunya membutuhkan penyesuaian. Supaya transisi dari liburan ke rutinitas kerja menjadi lebih mudah, simak tips yang disarikan dari lifehack.org berikut ini:

#1 Rapikan Meja Kerja

Di meja kerja, seringkali terdapat surat-surat dan dokumen yang menumpuk. Luangkan beberapa menit untuk merapikan tumpukan tersebut karena semakin lama ditunda, tumpukan tersebut akan tetap disana dan akan bertambah banyak.

#2 Lihat kalender kerja

Setelah liburan dan meninggalkan pekerjaan selama beberapa waktu, penting untuk melihat kalender kerja dan menyiapkan meeting ataupun proyek beberapa hari ke depan, supaya nantinya kamu tak tergesa-gesa menyiapkannya.

#3 Atur tampilan inbox email dengan susunan by subject atau by sender

Aturlah tampilan susunan inbox di email by order atau by sender, dan sebaiknya jangan dengan setting-an chronological. Karena, kita akan lebih tertarik mencari tahu apa yang terjadi dengan pekerjaan ketika kita liburan, dibandingkan dengan kapan hal itu terjadi. Menggunakan cara ini juga membuat kita lebih mudah untuk menghapus email-email yang sudah tidak relevan.

#4 Buat daftar prioritas pekerjaan

Setelah me-review email, kita akan teringat apa yang kita kerjakan sebelum berlibur. Setelah itu susun prioritas tentang pekerjaan apa yang akan kamu dahulukan saat ini.

#5 Kerjakan satu hal dalam satu waktu

Mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu bukan cara yang efektif dan berpeluang membuatmu stress. Berkonsentrasilah pada satu pekerjaan dalam satu waktu. Kamu baru saja kembali dari liburan yang menyenangkan, jadi mengapa mesti membuat diri stress jika penyebab stress itu bisa dihindari?

#6 Hindari gangguan yang tidak penting

Untuk membuat transisi dari liburan ke rutinitas kerja semakin mulus, sebisa mungkin hindari gangguan. Dengan cara ini, kamu bisa mengerjakan sesuatu dengan lebih cepat dan efisien., tanpa harus terganggu setiap lima menit sekali. Matikan telpon seluler, log out akun-akun media sosial, dan close aplikasi dan program di komputer yang tak digunakan.

#7 Buat rencana-rencana untuk menikmati minggu pertama masuk kerja

Rencanakan hal-hal yang membuat dirimu menikmati minggu pertama masuk kerja. Misalnya, jadwalkan makan siang bersama teman-teman, pergi ke kafe favoritmu dan memesan minuman saat coffee break.

#8 Keluar kantor sesekali

Carilah kesempatan untuk sesekali keluar kantor. Hanya karena kamu baru saja kembali dari liburan, bukan berarti kamu harus ada di kantor seharian ‘kan?

#9 Beri dirimu istirahat

Kembali bekerja setelah liburan adalah saat-saat transisi. Mungkin butuh beberapa hari untuk dirimu sampai benar-benar bisa menyesuaikan diri lagi, dan itu normal. Tetap tenang, fokus, dan santai. Tanpa disadari, kamu akan kembali ke rutinitas kerjamu yang lama.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Elja Radio

    Elja Radio

    Radio Komunitas Radio komunitas yang berafiliasi kepada Elja Media Corp. official media PSS Sleman


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini