Kuliner

Sego Ireng, Kuliner Lezat Bercitarasa Jawa

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 05 Juli 2017 18:16
Sego ireng dan aneka lauk serta sayur- Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Nasi kuning dan nasi merah atau sego abang mungkin sudah sering kita nikmati. Bagaimana dengan nasi hitam atau sego ireng? Warung Sego Ireng, begitu nama tempat yang menyajikan kuiner unik ini.

Sekilas kuliner ini mirip dengan sego abang. Ketika memesan menu sego ireng, akan disajikan nasi, sayur lombok ijo dan sayur oseng daun pepaya. Tinggal dipilih aneka lauk untuk menikmati menu ini, seperti nila, lele, wader, ayam, atau terong.  

Selain di tempat ini, sego ireng belum banyak dijual di Jogja, bahkan dapat dikatakan hampir tidak ada. Itulah yang menjadi alasan bagi Dwi, owner tempat ini, untuk memilih sego ireng. "Saya belum nemuin di Jogja, yang jualan nasi hitam. Kalau beras ada,” ujar Dwi.

Krispatje, salah satu owner yang juga adik dari Dwi mengatakan bahwa penyajian sego ireng memang mirip dengan sego abang. Perbedaannya adalah jika sego abang lebih cenderung ke lauk gudeg, warungnya memilih lebih ke masakan oseng. Dan di sini baik nasi dan lauknya lebih segar.

Kami memilih ikan nila acar kuning dan balado terong teri sebagai lauk. Sego ireng sendiri jika dinikmati tanpa lauk, rasanya mirip dengan ketan. Bumbu dari masakan-masakan ini terasa meresap dan pas untuk dinikmati bersama sego ireng.

Untuk menu minuman, tempat ini juga punya menu andalan yang dinamai wedang beras ireng. Seperti sego ireng, minuman ini adalah menu khas dari warung ini. Wedang ini terbuat dari serbuk beras hitam, jahe, serai dan gula jawa atau gula batu. Warnanya hitam pekat, dan disajikan dengan sebatang serai. Pastinya, minuman ini recommended untuk dicoba.        

Menikmati sajian menu di sini mengingatkan pada suasana ndeso yang membuat betah. Suasana itu terbangun dari sawah di sekitar warung, meja dan kursi dari kayu, dan gebyok. Di belakang, terdapat limasan yang cukup luas dan bisa juga menjadi tempat untuk menikmati hidangan.

Warung ini buka dari Hari Selasa hingga Minggu, dari pukul 9.30 hingga 18.00. Bagaimana, tertarik? Warung sego ireng ada di Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 11,4 Gondang Lutung, Donoharjo, Ngaglik, Sleman.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini