Kuliner

5 Makanan dan Minuman Khas, Hanya di Pasar Kangen

Oleh : Budi W / Selasa, 25 Juli 2017 10:15

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Banyak makanan tradisional di Pasar Kangen yang membuat kita kalap dan ogah berhenti makan. Saking lengkapnya, barat bedan pun bisa naik kalau tiap hari datang ke Taman Budaya Yogyakarta selama sepekan. Berikut Tim Gudegnet bocorkan sejumlah makanan warisan nenek moyang namun tetap hits di hati penikmatnya. Selamat mencoba.

#1 Sagon
Kue sagon kelapa ini terbuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana dan mudah didapatkan. Bahan utama untuk membuat kue ini adalah tepung beras ketan dan kelapa parut yang disangrai. Untuk membuat kue tradisional ini juga sangat mudah sekali prosesnya, sehingga sangat cocok dibuat untuk disajikan pada saat-saat tertentu seperti hari raya atau pada saat event Pasar Kangen seperti ini. 

#2 Nogosari
Kue nogosari ini memiliki cita rasa yang manis dan enak, pisang yang dijadikan sebagai isi memiliki tekstur yang begitu lembut dan halus. Untuk mendapatkan makanan yang sweet ini, biasanya disajikan pada acara-acara tertentu untuk menjamu tamu. Nah idealnya, nogosari juga sangat pas dijadikan kudapan di pagi hari. Buat yang sudah kangen dengan makanan ini, bolehlah langsung menuju ke Pasar Kangen.

#3 Mi Lethek
Mi yang satu ini juga ada di Pasar Kangen Jogja. Meski dibuat dengan menggunakan sapi sebagai pembuatnya, namun mi lethek ini cukup membuat orang penasaran dengan rasanya. Bahan yang terdiri dari mi, daun seledri, kol, daun bawang, ayam suwir, telor dan bawang putih ini kemudian dimasak langsung didepan pembelinya. Semabri menikmati alunan musik tradisional, acara makan malam berbau etnik ini akan semakin  mempesona.

#4 Tempe mendoan
Tempe mendoan asli Kebumen pun ada di Pasar Kangen Jogja. Jangan lupa makan asupan khas ini hanya dengan harga yang cukup murah, Rp 3 ribu saja. 

#5 Limun
Minuman yang satu ini pasti jadi minuman kesukaan saat SD jaman dulu, nah obati rasa kangen kita dengan meminum limun khas Pekalongan. Jika membeli limun dengan botolnya, rogoh koceknya cukup dalem yaitu Rp 15.000. Kalau cuma diplastik, hanya Rp 5000 saja.

Nah, sudah siap menghabiskan akhir pekan ke Pasar Kangen? 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini