Seni & Budaya

Selasa Berbudaya di FKY Kota Jogja Dipadati Penonton

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 09 Agustus 2017 13:00
Penampilan Kethoprak Wedok di FKY Kota Jogja pada Selasa (8/8) - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

 

Yogyakarta, www.gudeg.net - Hari ke-dua kota FKY, Selasa (9/8) yang bertema Selasa Berbudaya dipadati penonton. Penampilan budaya tradisional, antara lain penampilan tari, music, kethoprak wedok, dagelan mataram dan music kontemporer sukses menghibur penonton.

Penampilan di panggung yang dimulai pada sekitar 15.30 dibuka dengan penampilan budaya tradisional dari kelurahan-kelurahan. Ada pertunjukan tari, keroncong, karawitan, fragmen, juga congdut. Kelurahan yang tampil antara lain Kelurahan Terban, Purbayan, Pringgo Kusuman, Bausasran, dan Gedongkiwo.

Dagelan Mataram yang tampil berikutnya, sukses mengocok perut penonton. Ceritanya bermula dari tiga orang sahabat yang pergi ke laut untuk memancing. Lawakan-lawakan gaya plesetan yang terkadang muncul membuat penonton terbahak. Anak-anak kecil yang menonton tepat di depan panggung pun tak luput menjadi bahan candaan.

Pertunjukan dilanjutkan dengan penampilan kethoprak wedok. Uniknya, tokoh-tokoh laki-laki dalam lakon diperankan oleh perempuan. Kethoprak yang antara lain diperankan oleh Yu Beruk ini juga membuat penonton terbahak dengan banyolan-banyolan segar khas Jawa.

FKY Kota Jogja hari ke-dua ini ditutup dengan penampilan musik kontemporer dari Slendrolog Tukang Gamelan. Grup ini menampilkan musik gamelan yang dipadu dengan alat musik modern. Gitar listrik model flying V, bass, dan keyboard cukup memberi suasana berbeda pada permainan gamelan. Penampilan enerjik dari kedua penyanyinya juga menambah semarak.

Untuk yang belum ke FKY Kota di Ngasem, masih ada empat hari lagi. Rabu ini, ada penampilan dari Bravesboy, Keroncong VOC, Musik Kontemporer, Gunboi, Jatilan Pakalaman, dan Reog Tahunan. Cicipi juga jajanan-jajanan seperti es limun, sego wiwit, sosis kentang, sate kere, es gosrok, teh poci, wedang uwuh dan masih banyak lagi. Yuk, ditunggu ya!

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini