Tips Hari Ini

Menyeduh Kopi Agar Lebih Nikmat

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 05 Desember 2017 16:02
Ilustrasi Kopi-Gudegnet/Wirawan Kuncorojati

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Kopi selalu menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia dan dunia. Minuman yang berasal dari tanah Afrika dan dibawa oleh pedagang Arab ini lalu dibudidayakan oleh masyarakat Eropa di tanah jajahannya. Salah satunya oleh Belanda yang menanam kopi di Indonesia. Indonesia sempat mendominasi pasar kopi dunia. Maka dari itu istilah cup of java untuk menyebut kopi masih terdengar di mana-mana.

Menikmati kopi dengan cara masing-masing tentu sah-sah saja, semua orang memiliki selera sendiri yang dianggap tepat. Tetapi, mencoba untuk menyeduh kopi dengan cara yang benar juga tidak ada salahnya, bukan?

#Air

Kopi yang kita minum mayoritas bagiannya adalah air. Tentu saja air akan menjadi salah satu faktor penentu rasa kopi. Gunakan air mineral, jangan air keran, atau air apapun yang berbau dan berasa. Jangan juga memakai air sulingan yang tidak mengandung mineral. Mineral air memiliki peranan penting dalam mengeluarkan rasa. Seduh kopi di suhu 90ᵒ, kira-kira 1,5- 3 menit setelah air mendidih dan diangkat dari kompor.

#Kopi

Kopi mengeluarkan rasa terbaik ketika baru digiling dan tidak lebih dari dua bulan setelah disangrai. Giling kopi menggunakan hand grinder, burr atau mill, jangan blade grinder karena akan menghasilkan kopi yang tidak konsisten. Bubuk kopi yang terlalu halus akan menghasilkan kopi yang pahit, dan kopi yang terlalu kasar akan menghasilkan kopi yang hambar.

#Alat

Syarat untuk yang satu ini sederhana saja, pastikan semua peralatan yang kita gunakan bersih. Peralatan yang kotor akan merusak rasa kopi.

#Komposisi

Perbandingan yang pas adalah rasio 1:15, satu bagian kopi untuk 15 bagian air. Jadi 20 gram kopi untuk 300ml air. Sebaiknya tidak menggunakan gula agar citarasa kopi benar-benar terasa.

#Timing

Waktu juga mempengaruhi rasa kopi. Sebelum menyeduh, basahi kopi selama kurang lebih 30 detik. Proses ini dinamakan blooming. Proses ini melepaskan karbondioksida yang dihasilkan proses sangrai. Diamkan kopi selama 4 menit sebelum dinikmati.

 

dari berbagai sumber

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini