Seni & Budaya

Pameran Survive Attack! 2018 Suguhkan Beragam Karya

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 08 Agustus 2018 19:00
Pameran Survive Attack! 2018 Suguhkan Beragam Karya
Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudegnet- Bentara Budaya Yogyakarta menggelar pameran “Survive attack! 2018: Paint, Print, Paste” pada 6 hingga 12 Agustus 2018. 

Terlibat dalam pameran ini antara lain Ipo Hadi, Emman Prettyfish, Efnu Nirwana, Aldy Setiaji, Horesthes Vica, Dhomas El kampretto, Ismu Ismoyo, Triyanto Kotrek, Bayu Widodo, Fitri DK, Ervance Havefun, Ranggalawe, Anton Subiyanto, Antonia Kusuma, Adit Prasetya, serta Saryono Jhon.

Secara khusus, pameran ini hendak menampilkan perkembangan karya seniman yang terlibat. Tak hanya karya seni, para seniman juga menampilkan berbagai benda yang terkait dengan karya seninya. Dalam situs resmi Bentara Budaya disebutkan, “Secara simbolik pameran Survive attack hendak menyampaikan bahwa dukungan dan kebersamaan turut berperan dalam proses masing-masing seniman.”

Beragam karya dipajang dalam pemaran ini, baik lukisan, karya grafis, maupun instalasi. Misalnya Ismu Ismoyo yang memajang barang-barang bekas seperti rambu lalu lintas dan papan nama. Menurut Ismu, tiap benda mempunyai memori yang menarik untuk dijadikan karya. “Saya percaya akan ingatan orang akan sign, rambu, tanda pengenal dan plang lokasi dan lain-lain, diantara sebagian merujuk pada kejadian yang sudah, pernah, dan akan dilewati,” terang Ismu dalam penjelasan karyanya. 

Lain lagi dengan karya Saryono “John” yang berjudul Pahlawan Jaman Now. Karya yang dibuat dengan teknik silkscreen on papper ini terdiri dari empat gambar pahlawan dengan unsur kekinian. Salah satunya, gambar Pattimura yang tengah memegang tongsis dan ponselnya. 

Karya lain, berjudul Women March #1 dan Women March #2 oleh Fitri D.K dibuat dengan teknik woodcut on blaccu fabric. 

Survive! Garage merupakan komunitas seni yang berdiri sejak 2009 dan mengelola ruang seni secara mandiri. Hingga kini komunitas ini aktif dalam kegiatan pameran, diskusi, lokakarya, dan lain-lain bersama seniman dan beragam komunitas. 

Survive! Garage mendukung seniman muda dan seniman baru, mengakomodir berbagai kecenderungan visual di luar arus utama, dan memungkinkan para seniman untuk saling terhubung dengan berbagai komunitas.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini