Seni & Budaya

Menemukan Pabrik-pabrik Gula di “Jogja yang Hilang”

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 04 Desember 2018 23:00
Menemukan Pabrik-pabrik Gula di “Jogja yang Hilang”
Pameran "Jogja yang Hilang" Selasa (4/12) - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudegnet - Seratus tahun yang lalu di Wilayah Yogyakarta dan Surakarta atau yang dikenal dengan nama Vorstenlanden telah berdiri pabrik-pabrik gula yang tersebar di dua wilayah tersebut.

Di Yogyakarta, ada 19 pabrik yang berproduksi cukup besar. Sebagaian besar pabrik tersebut kini tela hilang dan hanya 3 bekas pabrik yang bisa kita kenali.

Antara lain di Medari berubah fungsi menjadi pabrik tenun, di Berbah menjadi hangar pesawat untuk Museum Dirgantara, dan di Padokan yang berubah menjadi PG Madukismo.

Bentara Budaya Yogyakarta kali ini menggelar pameran mengenai bekas-bekas pabrik gula tersebut, dengan tajuk "Jogja yang Hilang". Dalam menyiapkan pameran, BBY bekerjasama dengan komunitas Roemah Toea. Komunitas ini sendiri dikelola anak-anak muda yang intens dengan bangunan-bangunan tua bersejarah.

Gambar-gambar lama dibandingankan dengan gambar-gambar baru sekarang. Pabrik-pabrik tersebut antara lain Pabrik Gula Wonocatur, Pabrik Gula Medari. Pabrik Gula Tandjoeng Tirto, Pabrik Gula Klatjie, Pabrik Gula Randoe Goenting, Pabrik Gula Sewoe Galoer, dan yang lainnya.

Aga, dari Komunitas Roemah Toea dalam sambutannya menceritakan bebearapa hal unik selama riset pameran ini. Salah satunya adalah ketika riset tentang Pabrik Gula Wonocatur, mereka menemukan sisa pabrik gula yang dominan. Struktur bangunan yang masih sama, dan juga rumah administrator yang masih utuh.

Hal menarik lainnya adalah ketika riset mengenai Pabrik Gula Sendang Pitu. “Kami hanya menemukan rumah administrator, yang rumah itu dibangun dan dirancang oleh arsitek yang sama dengan yang merancanang Rumah Sakit Panti Rapih dan Gedung BNI di nol kilometer,” kata Aga saat pembukaan pameran, Senin (4/12).

Sementara untuk Pabrik Gula Klatjie, data tertulis yang tersedia sangat minim, dan butuh 4 tahun untuk menemukan fotonya. “Saya menemukan fotonya baru 2 minggu yang lalu, yang saat ini menjadi SMKN 1 Godean,” ucapnya lagi.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    IMMANUEL 94,3 FM

    IMMANUEL 94,3 FM

    Immanuel 94,3 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini