Seni & Budaya

Peringatan Hari Anak Nasional 2018: Anak Perlu Bekembang Optimal

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Jumat, 10 Agustus 2018 16:00
Peringatan Hari Anak Nasional 2018: Anak Perlu Bekembang Optimal
Foto: Humas Pemda DIY

 

Gudegnet - Setiap anak perlu mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun social serta mendapatkan perlindungan dan memperoleh hak hidup. Hal ini disampaikan Sekda DIY Ir Gatot Saptadi mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam acara puncak peringatan Hari Anak Nasional di taman Budaya Yogyakarta (TBY), Kamis (9/8).

Peringatan ini melibatkan 1000 peserta dengan menampilkan berbagai kreativitas anak-anak. Di selasar concert hall TBY juga digelar pameran dari beberapa lembaga dan badan usaha yang turut meramaikan acara.

Sebagai informasi, Pemda DIY dan Gubernur DIY mendapat penghargaan sebagai Penggerak pengembangan kabupaten/ Kota Layak Anak untuk daerah setingkat provinsi. Sedangkan Gubernur DIY mendapat penghargaan atas Pembinaan Forum Anak teraik Tingkat Nasional.

Penghargaan tersebut diberikan tepat pada Hari Anak Nasional, 23 Juli 2018 oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip.Apling,MA.

Terkait pengembangan Kota/ Kabupaten Layak ANak (KLA) Gatot berharap agar focus tak hanya diarahkan pada penghargaan semata. KLA harus dapat memberikan dampak nyata yang positif dan menyeluruh kepada tumbuh-kembang anak.    

Sementara itu Dra Arida Oetami MKes selaku Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) DIY mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional yang diadakan oleh Pemda setiap tahunnya merupakan pengingat bahwa setiap elemen perlu memenuhi hak anak. “Dengan demikian kita dapat memastikan ketersediaan seumber daya manusia yang unggul di DY menyongsong Abad Samudera Hindia,” katanya.

Lebih lanjut Arida mengatakan bahwa tujuan peringatan HAN antara lain menumbuhkan kepedulian, kesedaran, peran aktif kelurga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah, dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk mewujudkan, perlindungan dan tumbuh kembang anak.

Selain itu, peringatan juga dimaksudkan untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada seluruh anak dan keluarga Indonesia tentang pentingnya membangun karakter anak.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini