Kuliner

Dapur Siahu, Sajian Khas Halmahera nan Kaya Rempah

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 13 September 2018 19:00
Dapur Siahu, Sajian Khas Halmahera nan Kaya Rempah
Ayam Bakar Rampa di Dapur Siahu - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati


Gudegnet- Yogyakarta memiliki banyak tempat untuk mencicip kuliner dari berbagai belahan nusantara. Salah satunya, Dapur Siahu yang menyajikan masakan-masakan kaya rempah khas Halmahera.

Dapur Siahu mulai beroperasi sejak sekitar tiga bulan lalu. “Semuanya andalan, tapi yang paling spesial Nasi Tuna Bakar Rampa dan Nasi Ayam Bakar Rampa,” tutur Ivan, Koki Dapur Siahu.

“Orang kalau udah bilang rampa, berarti bumbunya banyak. Jadi rasanya nggak nanggung-nanggung, nendang,” ucapnya lagi. Menurut Ivan rempah memang merupakan ciri dari masakan khas timur.

Ada juga menu nasi sate garo ayam. “Bahasa Maluku itu garo maksudnya diaduk-aduk di wajan,”. Menurut Ivan sate garo merupakan menu khas daerah timur, dapat dijumpai juga di daerah lain seperti di Manado.  

Di samping itu, masih ada menu lain yang tak kalah menggoda. Nasi Ayam Rica, juga Nasi Kembung Bakar Rampa. Ada pula nasi goreng tuna rica, nasi goreng sous. Sementara unutuk sayurnya ada sayur Rica Rodo dan kangkung pepaya yang dicampur dengan ikan tuna.

Dapur Siahu juga menyajikan menu minuman khas, seperti air guraka yang merupakan air jahe yang bisa diminum dingin atau hangat. Jika diminum hangat akan diberi kacang kenari. Ada juga Lemon Cui, yakni minuman dari lemon yang berbentuk kecil-kecil.

Untuk snack, ada Gogodo atau pisang goreng. Pisang goreng ini menggunakan pisang raja yang diberi tepung dan gula merah dan kacang kenari. “Khasnya di kenari,” ucapnya.

Gudegnet mencicipi salah satu menu special, yaitu Ayam bakar rampa. Daging ayam ini dibalur bumbu dengan rasa rempahnya kental. Tambah mantap disantap dengan kangkung pepaya serta sambalnya. Minuman lemon cui juga menawarkan rasa minuman jeruk yang berbeda dari biasanya.

Menu makanan berkisar Rp 8000 sampai Rp 20.000, sedangkan minumnya Rp 3000 sampai Rp 8000. Tertarik mencicipi, bisa langsung menuju Ruko DTA Square C5. Jalan Raya Kledokan 59, buka jam 10.00 hingga 21.00, dari Senin hingga Sabtu.



 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini