Seni & Budaya

Ruang Waktu Pak Bagong

Oleh : Rahman / Minggu, 30 September 2018 01:48
Ruang Waktu Pak Bagong
Pembukaan Pameran Ruang Waktu Bagong Kussudiarja,(29/9),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Padepokan Seni Bagong Kussudiardja bekerjasama dengan Djarum Foundation dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Pameran Arsip Bagong Kussudiardja pada 29 September 2018. Pameran yang digelar hingga 3 November mendatang ini mengangkat tajuk "Ruang Waktu Bagong Kussudiarja". Menampilkan beragam dokumen seperti surat-surat,foto,pola karya koreografi dan segala macam artikel yang mengangkat tentang perjalanan Bagong Kussudiardja semasa hidupnya dalam berkarya.

Dengan suasana santai pameran diawali dengan pemutaran autobiografi dari Bagong Kussudiadrja. Dan dilanjutkan sambutan oleh Butet Kertarajasa pada pukul 19.30 WIB.

Sang kurator Suwarno Wisetrotomo mengatakan,"Dengan melihat benda visual milik Pak Bagong bisa membuat inspirasi bagi kaum muda untuk lebih mengenal siapa Pak Bagong sebenarnya,"ujarnya. "Arsip yang tersimpan adalah kunci sejarah,karenanya harus dijaga dengan baik agar generasi depan bisa tahu bagaimana sejarah itu terjadi,"tambahnya saat memberi sambutan.

"Saya bukan kurator tapi saya memberanikan diri saja,apalagi yang saya kurasi adalah karya salahsatu maestro seni Indonesia dan saya berharap  dapat mengundang seluruh pelaku aspek seni agar dapat menggnuakan pameran ini sebagai pijakan awal atau sebagai sumber utama dalam berseni atau bidang lainnya,"tambahnya.

Seluruh arsip dipajang dalam dua lantai dengan isi pameran yang berbeda. Lantai pertama berisikan linimasa atau timeline perjalanan sedangkan lantai ke dua berisikan seluruh arsip tentang bagaimana Pak Bagong diposisiskan saat dilihat-melihat,dibaca-membaca,ditulis-menulis,didengar dan mendengar serta difoto/direka-memfoto/merekam.

Direktur Kesenian Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Restu Gunawan,M Hum," Tidak ada data tidak ada sejarah sebagai landasan bahan penulisan tentang pemikiran orang besar seperti Pak Bagong Kussudiardja," Semoga dengan pameran arsip Pak Bagong ini dapat memberi pacuan semua agar dalam berkarya lebih baik dan inovatif,'ujarnya saat diwawancara.

Pameran ini merupakan rangkaian dari annivesary peringatan 90 tahun usia Bagong Kussudiarja,60 tahun Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiadrja (PLTBK) dan 40 tahun Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) pada bbulan Maret lalu. Dan pada 18-20 Oktober akan diadakan 'GUGUS BAGONG' Seni dan Forum Temu Akbar Alumni Cantrik Mentrik Nusantara dan Asean di tempat yang sama. 

Panita berharap denga adanya acara ini para pengunjung dapat memeperingati dan memahami berbagai kiprah,pencapaian,dan segenap usaha kreatif Bagong Kussudiardja sebagai tonggak teladan dibisan kesenian dan budaya modern Indonesia.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini