Seni & Budaya

Jemparingan Setu Kliwonan: Sarana Silaturahmi dan Berlatih Bersama

Oleh : Rahman / Kamis, 25 Oktober 2018 18:24
Jemparingan Setu Kliwonan: Sarana Silaturahmi dan Berlatih Bersama
Sejumlah Abdi Dalem dan Masyarakat Mengikuti Jemaparingan Setu Kliwonan di Kestalan Pakualaman,(25/10)-Gudeg.net/Rahman


Gudeg.net - Setu Kliwonan atau Sabtu Kliwon di Kadipaten Puro Pakualam adalah sebuah tradisi rutin yang dilakukan setiap 35 hari sekali. Banyak rangkaian acara digelar untuk memperingati hari itu seperti Pergantian Pasukan Bregada, Atraksi Seni, hinggga Olahraga Jemparingan (panahan tradisonal).

Jemparingan Setu Kliwonan selalu dilaksanakan di Kestalan Puro Pakualam Yogyakarta. Namun pada bulan ini jemparingan dilaksanakan pada Kamis (25/10) karena pada Sabtu ada acara resmi di Kadipaten Pakualam. Jemparingan atau Panahan Tradisonal ini dimulai pada pukul 15.30 hingga 17.30 petang.

Diikuti sekitar 50 orang pemanah dan terbagi menjadi dua kelompok dan memanah secara bergantian. Para pemanah terdiri dari masyarakat umum bukan adhi dalem Pakualam atau Kraton Yogyakarta saja.

Dalam jemparingan ini para pemanah berhak memanah dengan 5-7 buah busur  dan mendapatkan hadiah yang cukup unik antara lain satu buah minuman soda besar,sirup atau orson atau sebuah tiket berkunjung ke kebun binatang Gembira Loka.

Bagi siapa saja yang pertama kali mengenai sasaran berupa kayu lonjong dibalut busa yang berada tepat ditengah,itulah pemenang salahsatu hadiahnya. Bunyi gong dipukul akan terdengar oleh juri bial  terkena tepat di sasaran tersebut.

" Hadiahnya  ya cuma itu,minuman soda dan tiket gembira loka saja," ujar Bayu peserta jemparingan asal Rotowijayan. " Disini kita hanya silaturahmi saja atau berlatih bersama,tidak ada lombanya," tegas Bayu yang telah mendapat hadiah tiket Gembira Loka.

Tidak ada pemenang pada Jemparingan Setu Kliwon ini. Yang ada hanyalah titik bertemu atau bersilaturahmi sesama penggiat Panahan Gaya Mataraman Yogyakarta ini.

Panahan gaya mataraman ini tidak ada istilah lomba didalamnya tetapi dengan sebutan Gladen atau berlatih bersama sambil silaturahmi. Dan tidak ada perbedaan antara pemanahan pria dan wanita dalam olahraga jemparingan ini.

 

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini