Pendidikan

Kuliah Umum di UGM, Menlu Angkat Isu Global

Oleh : Rahman / Jumat, 26 Oktober 2018 17:56
Kuliah Umum di UGM, Menlu Angkat Isu Global
Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi Saat Memberikan Kuliah Umum di Gedung Senat Kampus UGM,(26/10),Gudeg.net/Rahman

 

Gudeg.net- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjadi pembicara pada Kuliah Umum tentang Diplomasi yang digelar oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) di Ruang Senat Mahasiswa UGM,(26/10). Dalam kuliah umumnya dihadapan ratusan mahasiswa/i UGM Menlu memaparkan berbagai hal yang sedang berkembang didalam maupun luar negeri.

Tentang isu-isu global yang sedang terjadi saat ini Retno mengangkat salahsatunya tentang kasus pengungsi Bangladesh terkait masalah agama.

" Kemenlu berusaha semaksimal mungkin membantu baik secara diplomasi maupun finansial atas apa yang terjadi di Bangladesh,namun semua kembali pada pemerintahan negara itu," ujar  Menlu saat memberikan kuliah umumnya.

Kuliah umum yang dimulai pada pukul 14.15 WIB ini menitikberatkan bagaimana cara Kemenlu berdiplomasi dengan negara-negara didunia dengan cara yang humanis. Seluruh diplomasi yang dilakukan Pemerintahan Indonesia semata-mata hanya ingin berpartisipasi demi keamanan dan perdamaian dunia.

" Sangat tidak nyawan hidup dalam masyarakat yang tidak salaing percaya dan penuuh dengan ketakutan dan itu jangan sampai terjadi di tanah air kita," pungkas Mentri yang pernah berkuliah di UGM ini.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM, Dr. Paripurna Sugarda, dalam sambutannya mengatakan kekuatan diplomasi merupakan bagian dari kebijakan politik luar negeri RI untuk ikut aktif menciptakan perdamaian dunia.

" Dengan kekuatan diplomasi yang kita miliki sudah sepatutya kita berbangga bisa menjadi salahsatu anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB dan itu merupakan titik cerah dimana kita bisa lebih bisa menjaga keamanan dunia," ujar Sugarda

Kuliah umum dengan durasi  sekitar 2 jam ini juga diisi dengan tanya jawab dengan mahasiswa yang hadir. Berisikan tentang keresahan-keresahan mahasiswa atas apa yang sedang hangat terjadi di Indonesia seperti terorisme hingga prestasi Asean Games 2018 lalu.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini