Pariwisata

Gunung Mungker, Surga Tersembunyi di Bantul

Oleh : Karni Narendra / Minggu, 06 Januari 2019 09:29
Gunung Mungker, Surga Tersembunyi di Bantul
wisata Gunung Mungker/Karni Narendra

Gudeg.net - Keberadaan Taman Wisata Gunung Mungker belum banyak diketahui oleh wisatawan. Padahal taman ini sudah ada sejak tahun 1989, dan baru popular sekitar dua bulan yang lalu semenjak dibangun spot-spot selfi yang menarik.

Obyek wisata yang terletak tidak jauh dari Pinus Pengger ini, menyajikan panorama pemandangan alam yang tidak kalah menariknya dengan yang lain. Di atas Gunung Mungker atau lebih tepatnya disebut bukit, kita bisa menyaksikan pemandangan kota Yogyakarta yang terbentang luas.

Jalan menuju puncak bukit lumayan sempit, hanya cukup untuk satu mobil sehingga rutenya dibuat melingkar satu arah. Selain untuk menghindari papasan mobil, pengunjung juga bisa puas menikmati suasana Gunung Mungker dan bisa berfoto-foto di semua sisi.

Meskipun belum sepopuler yang lainnya, fasilitas yang tersedia di sini lumayan lengkap.Terdapat 9 spot foto, taman bunga, wisata outbond dengan flying fox sepanjang 120 meter. Selain itu juga  dilengkapi dengan fasilitas umum yang memadai seperti pendopo, mushola, toilet dan warung makan.

Tidak hanya memandang alam yang terbentang luas, di sini juga terdapat kebun buah dengan beraneka macam pohon buah seperti durian, klengkeng, jambu, jeruk, sirsat,manga dan yang lainnya. Namun tidak setiap saat pohon tersebut berbuah, hanya di waktu musimnya saja dan di musim panen kita juga bisa membelinya hasil bumi tersebut.

Saat ini wisata Gunung Mungker  masih dikelola  secara sederhana oleh warga setempat yang rata-rata berusia diatas 50 tahun. Uang dari hasil pemasukan yang diterima dari wisatawan yang datang dipergunakan untuk pengembangan obyek wisata, seperti pembenahan jalan, penambahan spot selfi dan lainnya. Mereka bekerja secara sukarela, sesuatu yang patut diacungi jempol.

Salah satu pengelola, Kemi mengungkapkan,”Wisata ini sebenarnya sudah lama, tapi belum bisa se-terkenal yang lainnya, kami mau mengembangkan juga belum bisa karena terkendala di dana.”

“Kalau untuk spot foto nya baru beberapa bulan kalau yang taman wisata sudah dibuka dua tahun yang lalu oleh pak Bupati, sedangkan bukit mungker sudah diresmikan dari tahun 1989,” jelas Kemi.

Taman wisata Gunung Mungker beralamat lengkap di desa Terong Pencitrejo Dlingo Bantul, Untuk memasuki kawasan wisata ini kita cukup membayar parkir, misal motor Rp 5000 dan mobil Rp.10.000. sedangkan untuk spot selfinya tersedia kotak sukarela.

Rute menuju Gunung Mungker, dari kota Jogja menuju Bukit Bintang melewati Jalan Wonosari, hingga menemui Perempatan Pathuk, tinggal ambil arah kanan menuju Dlingo, sekitar 4 km. berjarak sekitar  25 km dari kota Jogja dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini