Sosial Ekonomi

Pengrajin Dompet Keparakan Banjir Order untuk Suvenir Kampanye

Oleh : Rahman / Sabtu, 26 Januari 2019 20:14
Pengrajin Dompet Keparakan Banjir Order untuk Suvenir Kampanye
Rumah Produksi Kerajinan H and S di Kampung Kerajinan Keparakan Yogyakarta,(26/1),Gudeg.net/Rahman


Gudeg.net- Mendekati Pemlihan Umum (Pemilu) sejumlah tempat konveksi atau produksi baju mulai kebanjiran pesanan berbagai atribut keperluan kampanye seperti bendera, kaos hingga pernak-perniknya. Tidak terkecuali rumah produksi kerajinan dompet batik H and S yang berada di Kampung Kerajinan Keparakan Mergangsan Yogyakarta.

Rumah produksi dompet batik H and S mendapatkan ribuan pesanan untuk keperluan kampanye yang berasal dari Kota Lampung Sumetera. 

Heri pemilik rumah produksi H and S (Heri dan Sari) mengakui bahwa dirinya dan keluarga sedang berkonsentrasi untuk memenuhi ribuan pesanan dompet untuk keperluan kampanye.

"Kami menerima pesanan sekitar 3000 jenis dompet beranak dari Lampung untuk dijadikan souvenir kampanye sebuah partai politik disana," ungkapnya saat ditemui di rumah produksi H and S Keparakan Kidul MG 1203,sabtu(26/1).

Pesanan yang datang sekitar seminggu lalu ini sudah hampir selesai kami kerjakan seluruhnya hanya tinggal sekitar 500 buah saja yang masih dalam proses produksi. Heri menuturkan dalam proses produksi tidak mengalami kendala apapun hanya saja dibutuhkan membagi waktu antara produksi dan istirahat, tambah Heri.

Dompet beranak yang dipesan merupakan jenis dompet yang tersusun berurutan dari yang besar hingga kecil dan berjumlah lima buah dompet. Menggunakan bahan karton, spons atau busa tipis dan bahan kain batik lalu dilem dan dijahit pada bagian tepi serta resleting.

H and S merupakan sebuah rumah produksi kerajinan yang sudah berdiri sejak tahun 2002 dan hanya memproduksi dompet atau sejenisnya seperti tempat pensil. Dengan jumlah pekerja sekitar 8 orang yang keseluruhannya merupakan satu keluarga.

Sari istri dari Heri menjelaskan, diluar produksi untuk pesanan kampanye, kesehariannnya rumah produksi H and S juga memproduksi untuk para penjual souvenir yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya.

"Untuk hari biasa kami memproduksi untuk penjual souvenir di kawasan Wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan dan penjual yang berasal dari Jakarta," jelas Sari.

Dalam satu minggu biasanya kami memproduksi sekitar 15-20 kodi (1 kodi=20 buah) dengan harga jual Rp.200 ribu untuk satu kodi. Produksi tersebut untuk memenuhi pesanan wilayah Borobudur dan Prambanan namun untuk pesanan Jakarta biasanya diambil setiap tiga bulan sekali dengan jumlah hampir 50 kodi, paparnya.

1 Komentar

  1. Rakhmaniyah Rabu, 27 Februari 2019

    Bisa minta alamat lengkap.x pengrajin H dan S?

Kirim Komentar

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini