Seni & Budaya

20 Karya Perempuan Seniman Milenial Hadir di “80 Nan Ampuh”

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Senin, 08 April 2019 16:00
20 Karya Perempuan Seniman Milenial Hadir di “80 Nan Ampuh”
Pameran "80 Nan Ampuh" di Bentara Budaya Yogyakarta, Jumat (5/4/2019)-Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudeg.net - Dua puluh perempuan seniman milenial menampilkan karyanya dalam pameran bertajuk “80 Nan Ampuh”. Pameran ini digelar sebagai tribute untuk kolektor lukisan Oei Hong Djien. Digelar di Bentara Budaya Yogyakarta, pameran masih berlangsung hingga 13 April 2019.

Seniman muda tersebut antara lain Ajeng Pratiwi, Anis Kurniasih, Anjani Citra A, Aurora Santika, Deidra Mesayu, Dhiasasih Ulupi, Diana Puspita Putri, Dini Nur Aghnia, Elisa Faustina, Hanggita Dewi, Harindarvati, Ipeh Nur, Meliantha Muliawan, Melta Desyka, Mutiara Rismawari, Novelia Hafidzoh, Rara Kuastra, Reza Prastica Hasibuan, Triana Nurmaria dan Rika Ayu.

Pameran ini dibuka di Bentara Budaya Yogyakarta, tepat pada hari ulang tahun ke-80 Hong Djien, Jumat (5/4/2019). Deidra, salah satu peserta pameran, saat pembukaan mengungkapkan, lukisan yang ia buat terinspirasi dari Oei Hong Djien.

Ia mengisahkan, beberapa tahun yang lalu ia menghadiri acara ulang tahun Hong Djien di kota Magelang. Dalam acara tersebut diputar sebuah video yang berisi tentang semangat hidup dan resep berumur panjang Hong Djien, yaitu selalu berdansa.

“Itu benar-benar menginspirasi saya, karena saya suka berdansa dan mendengarkan musik,” ucapnya. Menurutnya, hal ini merupakan modalnya yang paling besar untuk kemudian membuat karyanya yang diberi judul “By Dancing We Are Praying”.

“Menurut saya setiap kali kita bergerak, kita mensyukuri nikmat Tuhan,” ucapnya lagi.

Suasana pembukaan pameran sore itu terasa ceria. “Kalau ditanya orang resepnya apa (panjang umur), saya nggak tahu, tahunya, banyak ketawa,” ucap Hong Djien sembari terkekeh.

“Saya sangat beruntung, karena dimanjakan oleh seniman-seniman perupa seperti ini. Sudah tua bangka, masih dimanjakan sama seniman wanita milenial yang begitu muda. Apa ada duanya?,” kata Hong Djien lagi, yang disambut tepuk tangan hadirin.

Usai memberikan sambutan, dilakukan acara potong kue sambil diiringi lagu Selamat Ulang Tahun yang sekaligus membuka pameran.

Pameran ini menampilkan 20 karya seni kontemporer berupa lukisan, patung, grafis, obyek-instalasi, dan fotografi.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini