Seni & Budaya

OHD, Orangnya Hobi Dansa dan Cium Tembakau

Oleh : Dude / Senin, 00 0000 00:00
OHD, Orangnya Hobi Dansa dan Cium Tembakau

pameran_seksi_nian_jogja_gallerySelasa malam (08/04), ruang pamer utama Jogja Gallery (JG) dipenuhi dengan wajah Oei Hong Djien.

Meski orang aslinya tak kelihatan, ke-74 karya seni rupa yang sebagian besar menampakkan wajah kolektor seni rupa tersebut benar-benar mampu menghadirkan nuansa yang lekat dengan Oei Hong Djien.

Dalam sebuah lukisan berjudul "OHD: Orangnya hobi Dansa" karya Deddy Paw, Oei Hong Djien digambarkan sedang menenteng palet sambil berdansa yang memang menjadi hobi keduanya selain mengkoleksi lukisan.

Sang pelukis dengan jelas ingin menggambarkan bahwa Oei Hong Djien sangat dekat dengan dunia seni rupa. Disamping itu, dansa yang juga merupakan hobi lain Oei juga disisipkan dilukisan tersebut dengan menampakkan tubuh Oei yang sedang dalam sebuah posisi dansa meski pada tangan kirinya memegang palet lukisan.

Lain lagi dengan lukisan karya Ronald Manullang yang berjudul "OHD with Empty Pipe". Lukisan yang tertinspirasi dari karya maestro Picasso "Boy With a Pipe" ini menggambarkan Oei Hong Djien dengan pipa rokoknya. Mungkin beberapa orang akan heran dengan pipa rokok yang dibawa Oei karena mengetahui bahwa Oei tidak merokok. Pipa rokok tersebut bukanlah menggambarkan kebiasaan merokok Oei, namun kebiasaan Oei mencium aroma tembakau sebelum digunakan sebgai bahan untuk rokok.

Sebagai informasi, Oei Hong Djien merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) tahun 1965 yang kini, selain menjadi dokter, juga menjadi selektor tembakau untuk sebuah pabrik rokok.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    ARDIA FM 104,1 FM

    ARDIA FM 104,1 FM

    Ardia FM 104,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini