Hiburan

Silvagama UGM Luncurkan Buku Jokowi Travelling Story Kerinci 1983

Oleh : Rahman / Jumat, 12 April 2019 11:23
Silvagama UGM Luncurkan Buku Jokowi Travelling Story Kerinci 1983
Peluncuran Buku Jokowi Travelling Story Kerinci 1983 oleh Mapala Silvagama UGM di Kopi Gajah(11/4)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Sebuah buku yang bercerita tentang perjalanan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) semasa berada dibangku kuliah diluncurkan oleh Mapala Silvagama Universitas Gadjah Mada (UGM) di Kopi Gajah Sleman, Kamis (11/4).

Buku yang berisikan sejumlah cerita tentang perkawanan, semangat, hingga kisah-kisah lucu ini berjudul ‘Jokowi Travelling Story Kerinci 1983’ disusun oleh Rifqi Hasibuan dan Iqbal Aji Daryono.

Iqbal Aji Daryono salah satu penulis Kerinci 1983 mengatakan buku ini dapat juga sebagai fakta sejarah dari Joko Widodo selama bergabung dengan Malapal Silvagama Fakultas Kehutanan UGM.

“Saat itu Jokowi bersama 13 orang rekannya di Mapala Silvagama UGM mendaki salah satu gunung tertinggi di Indonesia Gunung Kerinci yang berada Jambi Sumatera Selatan,” ujarnya.

"Dengan terbitnya buku ini juga sebagai bukti bahwa Joko Widodo atau yang dulu akrab di sapa Mas Joko adalah benar seorang mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM. Dan khususnya beliau adalah anggota Mapala Silvagama, bagi mereka yang selalu menuding bahwa Mas Joko bukan alumni UGM maka bacalah buku ini," lanjut Iqbal disela-sela peluncuran buku.

Para penulis buku Kerinci 1983 mengakui tidak mendapat kesulitan dalam menyusun buku orang nomor satu di Indonesia saat ini itu.

“Saya dan tim mengumpulkan data dan bahan hanya dengan waktu sekitar dua minggu lebih dan setelah itu menyusun hingga terjadi sebuah buku yang bukan merupakan buku politik tapi buku cerita bergambar,” tegas Iqbal.

Ketua Tim Mapala Silvagama tahun 1983 yang merupakan pemimpin ekspedisi Kerinci Robertus Sugito membenarkan Jokowi waktu itu merupakan salah satu anggota Mapala Silvagama.

“Ketika pendakian Kerinci itu yang pertama kali sampai di Puncak Kerici adalah Mas Joko, walaupun pada saat itu tubuh seorang Jokowi sangatlah kurus akan tetapi bertekad untuk sampai di puncak,” tuturnya.

Robertus pun sedikit menceritakan asal mual dari Mas Joko mendaftar menjadi anggota Silvagama hingga akhirnya merencanakan ekspedisi Kerinci tahun 1983.

“Pada saat persiapan ke Kerinci, Mas Joko bersama best friend-nya Jambrung Sasono sempat juga tes fisik di Gunung Telomoyo Ambarawa dan pada 18 Februari 1983 terbentuk 14 orang dalam satu tim untuk berangkat ke Kerinci dengan tinggi 3.805 mdpl," cerita Robertus.

Mereka adalah Jokowi, Robertus Sugito (Ketua Mapala Silvagama), Damianus Jaka Santosa( Pemimpin Ekspedisi), Bambang Supriyambodo, Harwo, Sigit Hardwinarto, Arif Hidayat, Erwansyah, Sri Hardono, Edy Pramudjo, Arif Mulia Nasution, Hudi Wardoyo, Johan Utama Perbatasari dan Totok Suripto.

Buku terbitan Maneka setebal 114 halaman ini akan membawa para pembacanya untuk mengertahui sosok Jokowi atau Mas Joko ketika muda dan seorang mahasiswa pecinta alam dengan beragam cerita bersama teman-temannya.

“Di masa mudanya Mas Joko tidak berubah seperti saat ini, tetap santun dan optimis dalam menjalani hidup dan ia sama seperti orang Indonesia secara keseluruhan,” tutup sang penulis Iqbal Aji.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Unisi 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM



    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini