Seni & Budaya

Nguri-Nguri Budaya Jawa, UNY Gelar Festival Dalang Cilik

Oleh : Rahman / Senin, 17 Juni 2019 17:27
Nguri-Nguri Budaya Jawa, UNY Gelar Festival Dalang Cilik
Seorang dalang sedang memainkan wayang kulit pada saat Festival Dalang Cilik di Pendopo Tedjokusumo Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY Yogyakarta,(17/6)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Dalam rangka memperinagti Dies Natalis ke-55 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar Festival Dalang Cilik (FDC) IX tingkat Nasional di Pendopo Tedjokusumo Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY Yogyakarta, Senin (17/6).

Festival diikuti oleh sekitar 35 orang peserta dalang cilik terdiri dari dua kategori yaitu siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dan peserta diwajibkan untuk mementaskan lakon wayang kulit yang sesuai dengan usia dan dunia anak-anak, seperti Gatotkaca Winisudha.

Sekretaris Panitia Festival Dalang Cilik Cipto Budihandoyo mengatakan, festival ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh UNY pada setiap peringatan Dies Natalis.  

"Festival dalang ini sudah masuk tahun ke 9 dan penyelenggaraan untuk tahun ini terjadi peningkatan peserta yang cukup banyak," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk tahun ini ada sekitar 10 daerah di Pulau Jawa yang mengirimkan peserta diantaranya Surabaya, Wonogiri, Tulungagung, Salatiga, Klaten, Boyolali, Wonosobo, Banjarnegara dan Yogyakarta. Dan jumlah peserta berimbang antara pria dan wanita.

Selain bertujuan untuk Nguri-Nguri Budaya atau melestarikan kekayaan budaya Nusantara, festival ini juga sebagai salah satu cara UNY untuk mengidentifikasi bahwa kampus UNY sebagai penjaga gawang kebudayaan khususnya kesenian Jawa seperti wayang kulit.

"Kami ingin anak-anak milenial saat ini tidak hanya mengerti sebatas teknologi seperti gadget akan tetapi menerapkan kepada mereka agar mencintai budaya asli bangsanya sendiri," tutur Cipto saat diwawancara.

Iapun berharap nantinya para peserta yang merupakan generasi muda ini mampu dan mengerti akan falsafah Jawa saat menjadi pemimpin kelak.

Festival Dalang Cilik diselenggarakan mulai dari 17 hingga 21 Juni 2019 dan memperebutkan trofi serta dana pembinaan dengan total sekitar Rp. 20 juta.

Juara satu untuk semua kategori akan menerima hadiah trofi dan uang pembinaan sekitar Rp. 5 juta, juara dua Rp. 4 juta dan juara tiga Rp. 3 juta.

"Pengumuman pemenang akan dibacakan hasil nya pada hari terakhir festival di depan rektor dan dosen dari FBS UNY pada tanggal 21 Juni 2019 mendatang," pungkasnya.

Riwis Limar Cendhani Dalang Cilik Wanita menuturkan dirinya telah menekuni seni dalang wayang kulit sedari kecil.

"Tidak ada kesulitan dalam mengikuti festival ini karena sejak kecil saya sudah dikenalkan dengan wayang, dari diajak nonton hingga diperkenalkan dengan tokoh-tokoh pewayanganya," tutur siswi SMP yang membawakan lakon Kresna Dhuta itu.

Puncak Festival Dalang Cilik akan diselenggarakan bersaman denagn pagelaran wayang kulit pada tanggal 21 Juni 2019 di depan Hall Rektorat UNY.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    I-RADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    I-RADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini