Seni & Budaya

Tashoora Sentil Kebenaran Absolut Atas Nama Agama Lewat Lagu

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 30 Juli 2019 14:34
Tashoora Sentil Kebenaran Absolut Atas Nama Agama Lewat Lagu
Band Tashoora; Danang Joedodarmo, Dita Permatas, Gusti Arirang, Sasi Kirono, dan Mahesa Santoso

Gudeg.net—Band indie Yogyakarta yang sedang naik daun, Tashoora merilis single “Surya”. Melalui single ini, Danang Joedodarmo, Dita Permatas, Gusti Arirang, Sasi Kirono, dan Mahesa Santoso bermaksud membawa penikmat musik kembali ke abad pertengahan.

Single “Surya” mengisahkan seorang filsuf Italia, Giordani Bruno, yang dieksekusi dengan cara dibakar karena meyakini bahwa pusat tata surya adalah matahari, dan bumi mengelilingi matahari.

Di zaman tersebut, gereja (yang saat itu adalah pemerintah) meyakini dan menyebarkan bahwa bumi adalah pusat tata surya, dan segala bintang dan planet mengelilingi bumi. Bruno hidup di tahun 1548 hingga dieksekusi di tahun 1600.

“Peristiwa ini menjadi bukti bahwa fanatisme selalu setia memukul mundur ilmu pengetahuan. Atas nama ajaran, sebagian dari kita bertindak sebagai Tuhan,” ucap Danang, gitaris dan vokalis di Tashoora.

Gusti Arirang, basis dan vokalis, menambahkan bahwa manusia dijejali tentang ‘kebenaran’ absolut, suara-suara selain yang diyakini harus tutup mulut.

Proses penulisan lagu ini Tashoora menggandeng vokalis grup metal Revenge, Rifki Bachtiar, sebagai kolaborator dalam menulis lirik. Riski menjelaskan bahwa di balik lirik Surya, ada cahaya dibungkam. “Manusia tidak bisa menerima kesepakatan minoritas,” ungkapnya.

Pesan yang serupa juga disampaikan dalam artwork single ini. Tashoora bekerja sama dengan Crystal Yoana Tanara (fotografer) dan Galuh Indri Wiyarti (ilustrator/desainer grafis) untuk artwork ini.

Tashoora Surya

Artwork hitam putih dengan goresan ungu ini menggambarkan manekin yang mulut dan tangan serta kakinya dibebat dengan kain.

“Simbol duka atas pembungkaman ilmu pengetahuan oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan agama,” jelas Crystal Yoana Tanara.

Single “Surya” merupakan single kedua yang dirilis tahun 2019. Tashoora ditunjuk sebagai Spotify Early Noise featured artist 2019 asal Indonesia.

“Surya” direncanakan akan menjadi bagian dari album berikut dari Tashoora yang rencananya rilis di akhir tahun 2019 bersama JUNI Records.

Lagu Surya dapat didengarkan di platform digital seperti Spotify, Apple Music, dan Joox. Audio resminya juga dapat didengarkan di kanal Youtube Tashoora.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini