Seni & Budaya

Answer Sheet Ceritakan Budaya Kopi dan Kongko Lewat Musik

Oleh : Trida Ch Dachriza / Jumat, 28 Februari 2020 14:30
Answer Sheet Ceritakan Budaya Kopi dan Kongko Lewat Musik
Latihan Answer Sheet sebelum tampil di Jagongan Wagen/Foto: @dokumentasipertunjukan

Gudeg.net—Pentas Jagongan Wagen pertama di tahun 2020 dibuka dengan pertunjukan musik oleh Answer Sheet, trio pop modern asal Yogyakarta dalam pertunjukan bertajuk “Seduhan Ketiga di Malam Senin”.

Answer Sheet beranggotakan tiga orang yang memainkan instrumen ukulele, gitar, dan bass. Mereka menggunakan live looping sebagai penunjang penampilan mereka.

Beranggotakan Wafiq Giotama (Vokal, Ukulele, Live Looping), Suryo Baskoro (Gitar), dan Faizal Aditya Rachman (Bass, Vokal Latar), trio ini berproses di PSBK dalam fasilitasi Hibah Seni Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) selama empat minggu sebelum tampil.

Mereka akan bercerita tentang kehidupan tongkrongan coffee Shop beserta obrolan-obrolan di dalamnya. Di kota-kota, coffee shop turut berperan aktif dalam pembentukan pola akivitas kongko warganya.

“Pola nongkrong yang bersifat masif dan viral ini mempermudah pembentukan identitas seseorang pada komunitas kopi,” jelas Donnie Trisfian, salah satu staf publikasi media PSBK dalam siaran pers yang diterima Gudegnet beberapa saat lalu.

Jagongan Wagen Answer Sheet

Menurutnya aktivitas kongko tersebut memunculkan rasa solidaritas organik dalam lingkaran komunitas itu seperti menemukan rumah saat harus meninggalkan daerah asal ke tempat baru demi mengampu ilmu di perguruan tinggi ataupun bekerja.

Lingkaran komunitas ini memberikan ruang untuk nberbagi cerita, membentuk kompilasi rasa dan makna. Cerita ini yang akan diangkat oleh Answer Sheet.

Pertunjukan musik ini akan membicarakan kehadiran coffee shop sebagai ruang terbuka bagi siapa saja untuk berbagi cerita di tengah padatnya kesibukan warga kota.

Apakah hadirnya coffee shop hanya akan menebalkan perbedaan identitas yang melekat pada anggota di tongkrongannya masing-masing? Pembicaraan ini tidak akan pernah habis sampai pada seduhan ketiga.

Answer Sheet dengan format kini berkarya sejak tahun 2013. Album debutnya berjudul “Chapter 1: Istas Promenade” rilisan netlabel Thailand, SEA INDIE, lagu mereka banyak diputarkan di radio.

Grup musik yang semula berformat duo ukulele ini selalu bahagia dan energik di tiap penampilannya dengan mengedepankan relevansi terhadap isu-isu viral dalam segmen tertentu.

Klip “Clickbait” rilisan tahun 2018 adalah salah satu respon Answer Sheet atas fenomena politisi menghilang secara tiba-tiba.

Lagu “Meditate” rilisan tahun 2017 menjadi single pertama Answer Sheet sejak menjadi trio dan mendapatkan banyak review positif karena berhasil membawa ukulele ke ranah musik yang berbeda: musik ambient.

Jagongan Wagen akan dilaksanakan di Ruang Njagong PSBK, di Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, pukul 19.00 WIB.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM



    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini