Kuliner

Balakosa Coffee and Co, Kedai Kopi Gaya Jepang Asik Buat Kongko

Oleh : Trida Ch Dachriza / Senin, 24 Februari 2020 14:22
Balakosa Coffee and Co, Kedai Kopi Gaya Jepang Asik Buat Kongko
Suasana kongko sore hari di Balakosa Coffee and Co di Jalan Kedawung-Gudegnet/Trida

Gudeg.net—Satu lagi tempat kongko asik di Jogja. Balakosa Coffee and Co hadir sejak 14 April 2019 lalu untuk memberikan ruang bagi penikmat kopi dan penikmat nongkrong.

Bangunan yang tidak neko-neko, minimalis bergaya Jepang tradisional memaksimalkan ruang tampung. Kedai kopi ini menampung banyak orang tanpa mengorbankan kenyamanan ruang privasi pengunjungnya.

“Konsepnya memang Japanese classic, gaya-gaya rumah Jepang zaman dulu. Aku suka gaya-gaya seperti itu,” cerita Sultoni Akbar, pemilik Balakosa Coffee and Co saat berbincang dengan Gudegnet, Jumat (21/2).

Balakosa Coffee Jogja

Akbar, panggilan akrabnya, mengaku menyukai cerita-cerita Jepang, terutama zaman kekaisaran. Berangkat dari kesukaan ini lah Balakosa akhirnya dibangun. Nama Balakosa sendiri diambil dari kata Sansekerta yang berarti ‘kekayaan’ dan ‘kejayaan’.

Garis yang bersih dan lugas, ornamen yang ‘cukup’, pemandangan sawah yang menghampar, paduan semen, kayu, dan besi membuat kedai kopi yang punya jargon think honest ini sangat layak untuk penggemar foto maupun swafoto.

Kongko di Balakosa, kita disuguhi tiga lokasi; indoor no smoking, semi-outdoor smoking, dan outdoor di spot music space. Namun tentu saat musim hujan spot ini jarang terpakai.

Balakosa Coffee Jogja
Panggung terbuka di bagian belakang Balakosa tempat konser mini biasa berlangsung

Acara musik dan konser mini kerap diadakan di sini. Sebut saja reuni SKJ 94 beberapa saat lalu. Band lawas ini beredar di Joga pada medio tahun 2000-an.

Selain titik-titik untuk kongko, ada juga event space, office space, dan meeting room. Event space ada di lantai dua dengan kapasitas 70 orang. Meeting space dapat menampung hingga 30 orang. Office space adalah area co-working.

Berdiri di atas lahan 2.000 meter persegi, tempat ini cukup luas untuk menampung berbagai aktivitas khalayak seperti pop up store. Menurut Akbar lagi, Balakosa memang bertujuan mewadahi macam aktivitas komunitas.

Balakosa Coffee Jogja
Suasana di semi-outdoor Balakosa

“Fokusnya memang ke menjaga ekosistem komunitas. Mungkin karena itu perkembangan Balakosa cukup pesat,” cerita Akbar lebih lanjut.

Bukan sekadar kedai kopi, Balakosa juga punya tiga mini store di sini. Salah satunya Karplanter. Tanaman yang ada di Balakosa dengan label Karplanter dapat dibeli. Seru, ya!

Balakosa Coffee Jogja
Main course Balakosa, Balinese, potongan ayam yang lezat dan gurih

Sembari menikmati ruang yang apik, kita bisa menikmati makanan dan minuman yang memuaskan di sini. Signature food  Balakosa di antaranya  ada Balinese dan Dori Dabu Dabu dengan Garlic Butter Rice.

Kalau masih terlalu kenyang untuk menyantap main course, bisa coba Animal French Fries. Menu ini adalah kentang goreng dengan siraman mozarella dan daging. Bisa langsung kenyang, nih.

Balakosa Coffee Jogja
Animal French Fries, menu snack yang cukup mengenyangkan.

Sebagai tempat ngopi tentunya tempat ini punya ragam kopi untuk ditawarkan. Selain lima macam biji kopi single origin yang bisa dipilih,yang datang ke Balakosa untuk mengerjakan tugas dan harus fokus, bisa coba Liquid Cocaine. Tiga shot espresso bisa bikin melek sampai pagi.

Lalu ada juga Beauty in Black, versi feminin Liquid Cocaine. Selain jauh lebih mild, ada campuran susu di botol terpisah.

Selain itu, ada edible flowers atau bunga yang dapat dimakan  yang membuat penampilan menu ini super cantik dan instagenik. Sayangnya saat Gudegnet sowan ke Balakosa, bunga ini sedang tidak tersedia.

Balakosa Coffee Jogja
Minuman Beauty in Black. Kopi yang mild dengan campuran susu.

Buat yang tidak bisa minum kopi, bisa coba Stars and Rabbit. Minuman yang namanya serupa dengan grup musik hits ini favorit perempuan karena ringan dan lucu. Minuman lain yang direkomendasikan ada Short Bread, Chocolate Praline, dan Vanilla Latte.

Kedai kopi yang hijau royo-royo ini buka pukul 11.00-02.00 WIB setiap hari. Lokasinya di Jalan Kedawung, Nologaten. Reservasi dan informasi dapat menghubungi 082134162323.

Balakosa Coffee Jogja
Stars and Rabbit

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM



    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini