Sosial Ekonomi

BI DIY Meniadakan Mobil Kas Keliling Penukaran Uang Baru

Oleh : Rahman / Kamis, 21 Mei 2020 14:29
BI DIY Meniadakan Mobil Kas Keliling Penukaran Uang Baru
Warga menukarkan uang pecahan baru pada mobil kas keliling di Keptihan Yogyakarta (2019)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Bank Indonesia (BI) Perwakilan DIY meniadakan kegiatan penukaran uang pecahan baru melalui mobil kas keliling untuk kebutuhan Idulfitri 1441 H seperti tahun sebelumnya.

Peniadaan itu dikarenakan BI DIY mendukung penuh aturan pemerintah terkait protokol kesehatan yaitu Physical Distancing.

“Kami menghentikan kegiatan penukaran uang dengan mobil kas keliling karena adanya aturan jaga jarak yang diterapkan oleh pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di DIY,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY Hilman Tisnawan melalui siaran persnya, Kamis (21/5). 

Selain itu menurut Hilman, BI DIY tidak ingin kegiatan layanan kas mobil keliling malah justru mengundang warga untuk berkerumun.  Oleh karenanya diputuskan untuk penukaran uang baru hanya dilakukan di bank yang telah ditunjuk.

“Ada sekitar 37 loket di kantor cabang bank yang telah ditentukan untuk melayani penukaran uang baru di seluruh area DIY,” tuturnya.

Untuk memenuhi kebutuhan akan uang baru masyarakat pada Idulfitri 1441 H tahun ini, BI DIY telah menyiapkan uang tunia sekitar 2,6 triliun.

Hilman mengungkapkan, jumlah tersebut telah didistribusikan kepada kantor cabang bank mulai 4-12 Mei yang lalu.

“Jumlah tersebut dapat dikatakan menurun hingga 50% dari tahun sebelumnya. Mungkin ini semua karena perekonomian rakyat yang sedang terhambat akibat pandemi ini,” ungkapnya.

Namun ada hal yang cukup istimewa pada penukaran uang pecahan baru tahun ini yaitu BI DIY mempersiapkan uang pecahan kecil (UPK) yang benar-benar baru. Uang tersebut dapat dikatakan belum pernah beredar di masyarakat.

“Uang UPK itu adalah hasil cetak sempurna (HCS), dan belum sama sekali beredar di kalangan masyarakat hingga saat ini. Jadi uang tersebut benar-benar baru dan hasil yang sempurna,” pungkas Hilman.

Seluruh uang yang akan diterima oleh masyarkat melalui loket bank yang telah ditunjuk sudah dipastikan tidak terpapar virus corona.

BI DIY telah mengkarantina uang yang akan diedarkan selama 14 hari lebih dan telah melalui proses penyemprotan disinfektan.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini