Kuliner

Bakso 'Jumbo' Klenger Ratu Sari, Asyik Disantap Rame-rame

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 14 Juli 2020 13:30
Bakso 'Jumbo' Klenger Ratu Sari, Asyik Disantap Rame-rame
Bakso Klenger Ratu Sari - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudeg.net-Saat ini bakso dapat dinikmati dalam beragam ukuran dan isian. Seperti di Bakso Klenger Ratu Sari, Jalan Wahid Hasyim No. 296, Nologaten, Yogyakarta. Selain bakso berukuran normal ada bakso-bakso jumbo yang siap bikin 'klenger'. Isiannya pun beraneka macam.

Tersedia bakso dengan beragam ukuran. Sebelum masa pandemi, tempat ini menyediakan bakso hingga seberat 3 Kg, yang bisa langsung dipesan. Lebih dari itu, pembeli dipersilakan memesan sehari sebelumnya.

Namun, saat ini bakso paling besar yang tersedia seberat 1 Kg. "Untuk yang lebih dari itu bisa dipesan h-1," kata Gandit Mahesa, Supervisor Operasional Bakso Klenger Ratu, kepada Gudegnet, Selasa (14/7).

Ada macam-macam isian yang bisa dicicip di tempat makan yang mulai berdiri 2011 ini. Bakso Klenger sendiri merupakan bakso berukuran besar (250 gr) dengan isian telur ayam, tetelan daging, mie kuning/ putih dan pangsit.

Untuk penyuka pedas, bisa coba Bakso Kentir (Klenger Petir). Bakso ini berukuran besar, dengan isian telur dan tetelan daging, dimasak dengan bumbu pedas.

Lain lagi dengan Bakso Kelon (Klenger Londo). Bakso ini juga berukuran besar, dengan isian telur dan tetalan daging. Bedanya, menu ini dibuat dengan bumbu blackpapper, dengan cita rasa western.

Ada juga Bakso Kencang (Klenger Cincang), bakso berukuran besar dengan isian tetalan cincang daging sapi.   

Selain itu, ada juga bakso goreng, bakso buntut, bakso lidah, bakso tetelan, bakso ceker, hingga bakso Kaget (kaki greget) yakni bakso yang disajikan dengan sengkel sapi. 

Untuk yang datang bersama beberapa teman, bisa coba porsi-porsi klenger. Untuk bakso biasa dapat dinikmati seharga Rp 16.000, sedangkan bakso 1 Kg seharga Rp 120.000. "Bisa untuk 4-5 orang. Satu paket itu bakso 1 Kg plus 5 mangkok mie," kata Gandit. 

Bakso seberat 1 Kg cukup diminati. "Yang 1 Kg ready tapi terbatas. Biasanya week end produksi agak banyak, itu pun kadang masih kurang. Orang masih banyak yang nyari," tuturnya.  

Sejauh ini, bakso paling besar yang pernah dipesan pengunjung yakni bakso 50 Kg. Menu favorit di tempat ini yakni Bakso Klenger. Ketika baru pertama kali berkunjung, kebanyakan pembeli juga memesan menu tersebut.

Untuk minuman, tersedia aneka pilihan. Timun Serut, Es Jeruk Selasih, Es Campur, dan Sop Buah merupakan menu paling favorit di sini.

Ruang makan didekorasi warna warni ceria dan beberapa barang lawas sehingga suasana makan menjadi beda. "Etniknya dapet, colorful-nya dapet, modern-nya dapet," katanya. 

Di masa pandemi, Bakso Klenger Ratu Sari memberlakukan sejumlah penyesuaian. Karyawan wajib menggunakan face shield dan masker. 

"Kita juga bantu edukasi pelanggan untuk selalu cuci tangan. Kalau memang ada antrean bisa pake hand sanitizer dulu, atau cuci tangan di toilet. Kita ikut protokol dari pemerintah," ucapnya.    

Selain di Nologaten yang buka pukul 11.00-20.00, bakso ini juga ada di Jalan Perumnas, Mundu Saren, Sleman, Yogyakarta, buka pukul 09.00-20.00. 

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini