Seni & Budaya

Galeri RJ Katamsi ISI Yogyakarta Gelar Festival Ahli Gambar

Oleh : Rahman / Rabu, 16 September 2020 14:05
Galeri RJ Katamsi ISI Yogyakarta Gelar Festival Ahli Gambar
Pengunjung mengamati hasil karya lukisan pada Pameran Festival Ahli Gambar (FAG) Manusia Manusia di Galeri RJ Katamsi Kampus ISI Yogyakarta, Rabu (16/9)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Galeri RJ Katamsi di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta kembali mengadakan pameran seni rupa Festival Ahli Gambar (FAG).

Pameran yang bertajuk 'Manusia Manusia' ini menampilkan ratusan karya seni rupa yang berasal dari 68 seniman seni rupa Indonesia di antaranya Butet Kartaredjasa, Agus Yulianto, Sukri Budi Dharma dan lainnya.

Dikutip dari akun resmi instagram Galeri RJ Katamsi (@galeri_rj_katamsi), “Awalnya event pameran ini berawal dari diskusi ringan tentang penggunaan istilah gambar dari perspektif sejarah seni rupa,” tulis akun Galeri RJ Katamsi, Rabu (16/9).

Pameran Festival Ahli Gambar merupakan yang pertama kalinya digelar dan bertujuan untuk menyemarakkan praktik penciptaan gambar-menggambar (drawing) dan memperbincangkannya.

FAG mengambil objek manusia dengan alasan bahwa manusia adalah objek primadona bagi para ahli gambar dan pada umumnya menggambar objek manusia pada saat beraktivitas.

Manusia sebagai tema memiliki dimensi yang beragam sebagaimana keragaman cara pandang manusia terhadap dirinya dan lingkungannya.

Selain pameran akan diadakan juga sejumlah kegiatan lainnya seperti diskusi seni yang akan memperbincangkan tradisi seni gambar, perkembangannya, dan segala perubahannya.

Festival ini mempertemukan ragam praktik menggambar yang dilakukan oleh seniman dari berbagai generasi, mulai dari para ahli 'sungging' wayang, ahli gambar yang khusyuk melanjutkan tradisi menggambar dan mempertahankan batasan gambar.

Pameran ini digelar untuk memperingati Hari Demokrasi Internasional yang jatuh pada tanggal 15 September 2020. Pameran akan berlangsung mulai 16 September- 5 Oktober 2020 secara luring (offline) dan daring (online) pada website www.galerirjkatamsi.isi.ac.id/ .

Pameran yang ini memberlakukan protokol kesehatan bagi pengunjung yang ingin melihat secara langsung. Pameran dibuka setiap hari pada pukul 10.00-16.00 WIB.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini