Tips Hari Ini

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 13 Oktober 2020 09:00
Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan
Ilustrasi: Nandhu Kumar/ Pixabay

Musim hujan sebentar lagi tiba. Di musim hujan, kendaraan memerlukan perawatan lebih dari biasanya supaya tetap prima. Bagaimana cara merawat motor saat musim hujan? Simak tips berikut.

1. Cuci Motor

Cuci motor setelah terguyur hujan. Pasalnya, zat asam pada air hujan dapat mengurangi kilau cat motor. Jika sedang tak punya waktu, cukup guyur seluruh body motor dengan menggunakan air bersih untuk menjaga penampilan motor, dan juga mencegah karat.

2. Periksa tekanan ban

Periksa tekanan udara dalam ban. Jika tekanan udara dalam ban kurang, permukaan ban yang bersentuhan dengan jalan akan semakin luas. Tarikan akan menjadi berat, dan ban motor menajadi tipis atau gundul.

3. Pastikan kondisi rantai dalam keadaan baik

Air hujan dapat menyebabkan karat pada rantai motor, terlebih jika rantai motor tak dilengkapi dengan penutup. Kencangkan kembali rantai motor, jangan lupa lumasi dengan grease khusus rantai.

4. Periksa kanvas dan piston cakram rem

Kanvas rem terbuat dari bahan asbes, sehingga akan mengeras jika sudah kering. Setelah mencuci motor, sebaiknya sering injak pedal agar kanvas rem kering. Bagian cakram sebaiknya juga dibersihkan secara rutin dilakukan pembersihan karena cakram bersifat terbuka, terlebih ketika menerjang genangan air karena kotoran dapat menempel pada cakram rem.

5. Knalpot

Ketika mengendarai motor saat hujan, kotoran dapat menempel pada bagian dalam dan leher knalpot. Untuk membersihkan bagian tersebut, semprotkan oli ke dalam bagian dalam knalpot dan olesi bagian leher knalpot dengan grease, lalu panaskan motor selama kruang lebih 5 menit.

6. Bersihkan Busi

Saat musim hujan, busi merupakan komponen vital yang harus diperhatikan. Setelah membersihkan motor, cabut kop atau karet penutup busi, tiup, lalu bersihkan dengan lap. Busi yang basah dapat menghambat pengapian motor ketika dinyalakan.

 

Sumber: www.astramotor.co.id  

 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini