Teknologi

Mikrotik User Meeting 2020 Digelar Daring, Antusiasme Tak Surut

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 15 Oktober 2020 13:30
Mikrotik User Meeting 2020 Digelar Daring, Antusiasme Tak Surut
Mikrotik User Meeting 2020, Kamis (15/10) - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudeg.net - Pandemi Covid-19 tak membuat Mikrotik User Meeting (MUM) tahun ini urung dilaksanakan. Jika biasanya dihadiri ribuan peserta secara langsung, kali ini ajang bertemunya pengguna Mikrotik tersebut dilangsungkan secara daring pada hari ini, Kamis (15/10).

MUM di Indonesia sendiri merupakan MUM terbesar di dunia. Berbeda dengan MUM di tahun-tahun sebelumnya yang digelar selama dua hari, kali ini acara tersebut diadakan sehari. 

Debyo Surya Setiyawan, Direktur Operasional PT Citraweb Solusi Teknologi, sebagai partner penyelenggara MUM, mengatakan, acara yang diselenggarakan resmi oleh mikrotik.com ini digelar secara daring untuk pertama kalinya di dunia.

Pihaknya membuat MUM secara virtual agar ajang tersebut tetap terselenggara di tahun ini, memenuhi kerinduan para pengguna Mikrotik di Indonesia untuk bertemu dan berbagi.

“Antusiasmenya luar biasa, lebih dari 1000 yang join, dari pagi sampai sekitar tiga jam ini,” ucap Debyo kepada Gudegnet, di sela-sela acara.

Acara disiarkan langsung dari studio Citraweb Solusi Teknologi, Jalan Magelang, Yogyakarta, pukul 8.30-17.00. Rekaman video acara ini akan diunggah dalam channel Mikrotik Indonesia.

Kali ini, MUM menghadirkan pembicara-pembicara dari dalam negeri. Presentasi dilakukan lewat aplikasi Zoom dari berbagai tempat seperti Jakarta, Surabaya, dan kota lainnya. Acara dapat disaksikan di Youtube Mikrotik Indonesia.

Menurut Debyo, penyelenggaraan secara daring ini memiliki sejumlah tantangan tersendiri. Pihaknya harus membuat SOP untuk pemateri mengenai ketentuan teknis, pencahayaan, background di ruangan pemateri, dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar acara ini dapat menjadi konten milik bersama. 

“Dari sisi penyelenggaraan, karena kami dari Citraweb sudah sangat siap dengan live streaming, jadi ya nggak ada masalah,” ucapnya. 

Tahun ini peserta tak perlu melakukan proses registrasi. Untuk menyimak acara ini, tinggal masuk ke channel Youtube Mikrotik Indonesia. Pertanyaan mengenai materi bisa disampaikan via live chat. Mikrotik menyiapkan doorprize berupa 20 unit router hAP-Lite.

Dalam situasi pandemi ini, ia berharap pihak-pihak yang sebelumnya terbatas untuk melakukan sharing tentang apapun, dapat melakukannya dengan langkah virtual. “Dan update-update tentang Mikrotik, tentang jaringan dasar, tentang apapun masih bisa dilakukan, tidak terbatas karena pandemi,” ucapnya.

Dijadwalkan, ada delapan presenter yang memaparkan materi dalam acara ini. Jadwal lengkap dapat dilihat di mikrotik.com dan akun instagram @mikrotik.indonesia.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini