Berita

FGD di UKDW: Tetap Terapkan Nilai Kebangsaan di Masa Pandemi

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 11 November 2020 11:00
FGD di UKDW: Tetap Terapkan Nilai Kebangsaan di Masa Pandemi
Doc. UKDW

Gudeg.net - Meski sedang dalam masa adaptasi kebiasaan baru untuk menghadapi pandemi, masyarakat diingatkan agar tidak lengah dalam menerapkan nilai-nilai kebangsaan kepada anak-anak, yang akan menjadi penerus dan pemimpin bangsa.

Hal tersebut disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Prabowo Argo Yuwono S.I.K., M.Si dalam FGD yang digelar di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), akhir pekan lalu.

Dalam kesempatan ini ia menyampaikan keprihatinan terkait banyaknya video di media massa yang menunjukkan anak-anak tidak mengenal pahlawan nasional, dan lebih mengenal Youtuber yang sering mereka lihat.

Mereka (anak-anak umur SD atau SMP), lanjut Argo, menjawab tidak tahu saat ditanya lagu-lagu nasional. Mereka lebih tahu dan hafal lagu-lagu yang ada pada tik-tok yang viral di media sosial. 

“Inilah yang menjadi tantangan kita semua dalam mempertahankan nilai-nilai kebangsaan di tengah pandemi Covid-19,” kata Argo dalam keterangan tertulis yang diterima Gudegnet, Rabu (11/11).

FGD ini digelar secara offline dan online oleh Divisi Humas Polri yang bekerja sama dengan UKDW. Diselenggarakan secara tatap muka yang mengacu pada protokol kesehatan, pada kesempatan yang sama, kegiatan ini juga diikuti oleh peserta melalui zoom meeting dan youtube channel. 

Sementara itu dosen UKDW Dra. Endah Setyowati meningatkan pentingnya peran perguruan tinggi dalam situasi sulit akibat pandemi. “Perguruan tinggi merupakan tempat yang strategis untuk merumuskan upaya-upaya memperkuat mengatasi masa-masa sulit akibat pandemic,” kata Endah sembari menambahkan, termasuk di dalamnya memperkuat nilai-nilai kebangsaan.

Acara yang berlangsung Sabtu (7/11) lalu ini juga dihadiri oleh Kesbangpol DIY Joko Nuryanto, dan Dosen Fisipol UGM Dr. Dafri Agus Salim, MA.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini