Seni & Budaya

'Pahargyan Digitalisasi Aksara Jawa' Segera Digelar

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Jumat, 04 Desember 2020 20:30
'Pahargyan Digitalisasi Aksara Jawa' Segera Digelar

Gudeg.net - Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) menyelenggarakan kegiatan Selebrasi atau Pahargyan Digitalisasi Aksara Jawa pada hari Sabtu 5 Desember 2020 pada pukul 19.00 – 22.00 WIB. Bertempat di Pagelaran Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, acara ini disiarkan secara langsung melalui channel  Youtube TasteOfJogja Disbud DIY. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Kongres Aksara Jawa I Yogyakarta, yang semestinya digelar pada bulan Juli tahun 2020, harus ditunda pelaksanaannya pada bulan Maret tahun 2021.

Gelaran Kongres Aksara Jawa I Yogyakarta tersebut digelar sebagai bagian dari peran Pemerintah Daerah DIY, untuk ikut serta dalam mengawal pelestarian, pembinaan dan pengembangan aksara Jawa. 

"Isu terkait aksara Jawa tak terasa telah memasuki ranah digital, sesuatu yang mungkin selama ini luput dari perhatian kita bersama. Dalam hal ini masih banyak yang belum mengetahui dan mengerti bahwa aksara Jawa telah terdaftar resmi di Unicode Consortium pada 1 Oktober 2009 dengan slot A980 – A9D," terang Panitia Pahargyan Digitalisasi Aksara Jawa dalam keterangan tertulis yang diterima Gudegnet, Jumat (4/12).

Acara Pahargyan ini dihadiri oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), dan tamu undangan lainnya.

Panitia menambahkan, "Pahargyan Digitalisasi Aksara Jawa pada saat ini merupakan dukungan untuk proses digitalisasi Aksara Jawa di ranah digital, setelah Aksara Jawa terdaftar resmi di Unicode Konsorsium, maka Aksara Jawa sedang dalam proses enskripsi di internet, sehingga dengan terenskripsinya Aksara Jawa akan semakin bisa digunakan secara masif di ranah digital mengikuti perkembangan di era kekinian."

Acara bertambah istimewa karena ditampilkan secara perdana Beksan Aji Saka Yasan Dalem Enggal Sri Sultan Hamengku Bowono X. Beksan tersebut diciptakan khusus oleh Sri Sultan Hamengku Buwono sebagi wujud kepedulian beliau terhadap aksara jawa dan juga dalam rangka menyambut kebangkitan aksara Jawa yang pada saat ini sudah masuk ke ranah digital.

Beberapa agenda acara yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) terkait dengan pemeliharaan dan pengembangan Aksara Jawa, di antaranya Sarasehan Majalah Sempulur dengan Topik Aksara Jawa, Focus Group Discussion (FGD) I – IV Kongres Aksara Jawa, Sosialisasi Pelaksanaan Kongres Aksara Jawa I dilaksanakan di Provinsi Bali dan Jawa Tengah, Workshop Dluwang.

Selain itu, disiapkan pula agenda Workshop Digitalisasi dan Pameran Manuskrip, Pra Kongres Aksara Jawa, Finalisasi Tim Perumus Kongres Aksara Jawa I Yogyakarta, Nyerat Dluwang Masal, Dukungan penuh ke Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) dalam hal pengajuan enskripsi Aksara Jawa ke Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini