Kuliner

Sedapnya Sate Maranggi dan Sambal Oncom di Sari Makmur 3

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 03 Februari 2021 22:00
Sedapnya Sate Maranggi dan Sambal Oncom di Sari Makmur 3
Sate Maranggi di Sari Makmur 3, Jalan Kaliurang Km 5 - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudeg.net - Sajian sate dari berbagai daerah dapat dijumpai di Yogyakarta, salah satunya Sate Maranggi. Sari Makmur 3, Jalan Kaliurang Km 5, Sleman, hadir menyajikan sate dari Jawa Barat tersebut. Uniknya, di tempat ini sate dipadu dengan Sambal Oncom. 

Agatha, manager, mengatakan, Sari Makmur membawa Sate Maranggi yang notabene merupakan sate signature Jawa Barat ke Yogyakarta dengan harapan dapat menjadi alternatif baru. 

"Supaya masyarakat Yogyakarta juga punya salah satu signature sate yang ada di Indonesia," kata Agatha kepada Gudegnet, Rabu (3/2). Lebih lanjut ia mengatakan, Sate Maranggi dibawa oleh pendatang dari Tiongkok yang menetap di Jawa Barat. Daging sate ini diolah dengan cara marinasi selama kurang lebih delapan jam. 

Daging sapi yang digunakan di rumah makan yang buka bulan lalu ini adalah daging sapi impor beku. menurut Agatha, waktu yang dibutuhkan untuk proses resting daging impor lebih singkat. "Proses melunakkan daging itu nggak terlalu lama," katanya. Tekstur daging sate di sini memang empuk. Selain daging sapi, dalam waktu dekat rumah makan ini akan menyajikan olahan daging ayam. 

Mengenai cita rasa, menurut Agatha ada sedikit penyesuaian. "Kita mengikuti orang Jogja, lebih banyak manis gurih. Di Jawa Barat lebih ke gurih asin," tututrnya.

Sate Maranggi Campur plus Sambal Oncom (kiri) dan Ketan Bakar - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Sambal Oncom dipilih sebagai kondimen untuk menawarkan sesuatu yang berbeda. Namun, selain dengan sambal berbahan baku kedelai yang difermentasi tersebut, pembeli tetap bisa menyantap sate dengan sambal kecap.

Selain dinikmati dengan nasi putih, tersedia juga nasi liwet dan ketan bakar. Ada pula menu Sate Protol, yang terdiri dari daging yang dilepas dari tusuk sate, nasi, dan Sambal Oncom. Menu tersebut dapat dinikmati seharga Rp 15.000. 

Menu lain, Sate Maranggi Campur (daging dan lemak) plus Sambal Oncom, dapat dinikmati seharga Rp 29.000, sedangkan Sate Sapi Maranggi Daging plus Sambal Oncom dapat dinikmati seharga Rp 39.000. Pada menu minuman, ada minuman bersoda Sarsaparilla, di samping teh, jeruk, kopi dan kelapa muda. 

Sate Sari Makmur 3 buka setiap hari pukul 15.00 hingga habis sekitar pukul 19.00 atau 20.00. Paling malam, rumah makan ini buka hingga pukul 22.00. Dalam masa PTKM ini, untuk makan di tempat hanya buka hingga pukul 20.00.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini