Kesehatan

Vaksinasi Tahap Dua Digelar 1 Maret Secara Massal, Ini Lokasinya

Oleh : Rahman / Senin, 22 Februari 2021 11:02
Vaksinasi Tahap Dua Digelar 1 Maret Secara Massal, Ini Lokasinya
Tenaga medis memvaksinasi Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X pada saat Kick Off Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kepatihan, Yogyakarta (2021)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Vaksinasi Covid-19 tahap dua DIY bagi kelompok lansia dan pelayan publik akan segera dilaksanakan pada awal bulan Maret 2021 secara masal di sejumlah lokasi seperti Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Taman Parkir Abu Bakar Ali.

“Vaksinasi akan dilakukan pada tanggal 1 Maret 2021, dengan menggunakan pengiriman vaksin tahap dua dari Kementerian Kesehatan RI,” ujar Kepala Bagian Humas Pemda DIY, Ditya Nanaryo Aji, saat dihubungi Gudegnet, Senin (22/2).

Selain lansia dan petugas pelayanan publik, para pedagang pasar juga menjadi target vaksinasi yang akan digelar oleh Kementerian Kesehatan RI ini.

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam keterangan persnya mengatakan, pemberian vaksin untuk para pedagang di Pasar Beringharjo akan dilakukan secara menyeluruh.

“Vaksinasi akan diberikan kepada seluruh pedagang pasar tanpa terkecuali, termasuk pedagang keliling, pedagang los, buruh, pedagang kaki lima, semuanya. Rencananya akan berlangsung selama empat hari,” kata Sultan.

Sementara itu, dalam keterangan pers yang sama, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ia dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X telah untuk berkoordinasi tentang pelaksanaan vaksin masal tersebut.

“Pada 1 Maret kami akan mengadakan vaksinasi untuk pedagang di Pasar Beringharjo dan dua lokasi lainnya, karenanya saya izin kepada Sultan. Semoga agendanya dapat berjalan lancar,” kata dia.

Budi memandang pedagang pasar adalah pihak yang cukup rentan terpapar Covid-19 mengingat sering berinteraksi dengan banyak orang.

“Kita lihat kalau mereka kan ketemu dengan langganannya, ketemu banyak orang, oleh karena itu kita akan vaksinasi mereka,” terangnya.

Budi juga mengapresiasi Pemerintah Daerah (Pemda) DIY atas terlaksananya vaksinasi tahap pertama yang menyasar kelompok tenaga kesehatan (nakes) serta persiapan vaksinasi tahap ke dua ini.

“Saya berterima kasih kepada Ngarsa Dalem, nakes di DIY hampir semuanya sudah divaksinasi. Meskipun masih ada beberapa yang perlu diberikan vaksin tambahan dan akan dilakukan segera,” ungkapnya.

Sesuai kriteria Kementerian Kesehatan RI, kelompok pelayan publik penerima vaksinasi Covid-19 adalah tenaga pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, petugas keamanan, petugas transportasi, atlet, wartawan, dan pekerja sektor pariwisata

“Namun vaksinasi untuk lansia DIY yang berjumlah sekitar 15% akan diprioritaskan terlebih dahulu,” tuturnya.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM



    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini