Berita

Sultan: Saya Siap Divaksin

Oleh : Rahman / Selasa, 23 Februari 2021 11:16
Sultan: Saya Siap Divaksin
Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X memberikan sambutan pada saat Kick Off Vaksinasi tahap pertama di Kepatihan, Yogyakarta (2021)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan telah siap untuk divaksin bila memenuhi syarat vaksinasi bagi kelmpok lanjut usia (lansia).

“Iya saya ikut (divaksin) kalau ada yang untuk lansia. Hanya kita belum tahu persis, kita nunggu aplikasinya dari Pak Menteri Kesehatan,” ujar Sri Sultan, seperti keterangan persnya yang diterima Gudegnet, Selasa (23/2).

Sultan menjelaskan, vaksinasi untuk lansia memang menjadi prioritas karena rata-rata semakin berumur akan semakin beresiko memiliki penyakit bawaan.

Selain itu resiko bergejala berat bagi lansia juga jauh lebih tinggi, karena dipengaruhi juga oleh faktor menurunnya imunitas.

“Memang proses vaksinasi untuk lansia memiliki persyaratan administratif kesehatan yang lebih kompleks. Kalau persyaratab tidak terpenuhi ya belum tentu bisa divaksin,resikonya mungkin justru akan membahayakan,” jelasnya.

Rencananya Sultan bersama Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas akan mengikuti vaksinasi masal pada tanggal 1 Maret 2021 yang digelar oleh Kementerian Kesehatan RI.

Akan ada tiga lokasi vaksinasi masal yaitu Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA).

“Harapan saya, semua masyarakat mau untuk divaksinasi, toh tujuannya jelas, untuk kebaikan kita semau dan mencegah penyebaran Covid-19 lebih meluas lagi” harap Ngarsa Dalem.

Sementara itu Kepala Humas Pemda DIY Diyta Nanaryo Aji membenarkan Gubernur Daerah Istimewa (DIY) Yogyakarta itu akan divaksin pada saat vaksinasi tahap dua masal Maret mendatang.

“Iya benar Ngarsa Dalem (sebutan Sri Sultan) akan divaksin besok namun masih tentative lokasinya dan juga menunggu hasil pemeriksaan awal, apakah syaratnya memenuhi untuk divaksin,” kata dia.

Ditya menambahkan, DIY akan menerima pendistribusian vaksin Covid-19 tahap dua dari pemerintah pusat dalam dekat ini.  “Kalalu tidak hari ini, kemungkinan besok, vaksin dari pusat akan datang,” tuturnya.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    ISTAKALISA 96.2 FM

    ISTAKALISA 96.2 FM

    Radio Istakalisa FM Yogyakarta


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini