Berita

Pemkot Ajak Lansia Daftar Vaksinasi, Ini Caranya

Oleh : Rahman / Selasa, 09 Maret 2021 18:18
Pemkot Ajak Lansia Daftar Vaksinasi, Ini Caranya
Seorang warga lansia terlihat sedang disuntik pada saat vaksinasi tahap dua massal di Taman Parkir Abu Bakar Ali, Jumat (5/3)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Belum tercapainya target jumlah lansia yang divaksinasi harian membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengajak lansia untuk mendaftarkan diri.

Pada vaksinasi hari pertama, Senin (8/3) seusai vaksinasi massal hanya terdapat 617 lansia yang ikut divaksinasi.

“Targetnya dalam sehari yaitu 1.100 orang lansia dan hasilnya cuma 617, jauh dari target vaksinasi harian Pemkot,” ujar Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Lana Unwanah, pada jumpa pers di Balaikota, Selasa (9/3).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Yogyakarta mencatat total lansia di Yogyakarta berjumlah 46.000 orang dan hingga tanggal 3 Maret 2021 baru ada 12.202 lansia yang terdaftar dalam vaksinasi Covid-19.

Lana menjelaskan, dari jumlah tersebut ada sekitar 2.600 lansia yang terdata ganda karena dimungkinkan mendaftar lebih dari sekali dan ada juga yang tidak datang saat akan divaksinasi.

“Kami belum dapat memastikan lansia yang tidak hadir karena  berhalangan atau karena tidak tahu. Namun arahan Kemenkes untuk vaksinasi lansia dilakukan rumah sakit dengan pertimbangan keamanan dan kenyamanan,” jelasnya.

Cara untuk mendaftarkan diri vaksinasi lansia yaitu melalui laman www.yogyakarta.kemkes.go.id dan mengisi data formulir pendaftaran.

Dokumen yang dibutuhkan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama lansia secara benar dan untuk mengecek lansia sudah terdaftar, bisa memasukan data melalui laman www.pedulilindungi.id .

Selanjutnya untuk melihat jadwal dan lokasi vaksinasi melalui laman www.corona.jogjakota.go.id . Lansia yang akan divaksinasi diminta datang ke rumah sakit sesuai jadwal dengan membawa KTP,” tambahnya.

Untuk lokasi vaksinasi Covid-19 bagi lansia akan dilayani pada 10 rumah sakit dan 2 Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA).

Ke-10 rumah sakit yaitu RSUD Yogyakarta, RS Panti Rapih, RS Bethesda, RS PKU Muhammadiyah Yogya, RS Siloam, RS Pratama, RSI Hidayatullah, RS Happy Land, RS Ludiro Husadatama, RS Bethesda Lempuyangwangi, RS DKT Soetarto.

Sedangkan, untuk RSKIA yaitu RSKIA Muhammadiyah Kotagede dan RSKIA Rachmi. Setiap rumah sakit ditargetkan memvaksin 100 lansia per hari dan RSKIA 50 lansia per harinya.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM



    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini