Sosial Ekonomi

Wabup Sleman Tinjau Harga Pasar Jelang Ramadan, Harga Cabai Masih Pedas

Oleh : Trida Ch Dachriza / Rabu, 24 Maret 2021 12:00
Wabup Sleman Tinjau Harga Pasar Jelang Ramadan, Harga Cabai Masih Pedas
Wabup Sleman, Danang Maharsa saat menanyai salah satu pedagang sayur di Pasar Gamping, Selasa (23/3)/dok.Humas Sleman

Gudeg.net—Mendekati bulan Ramadan 2021 yang jatuh pada bulan April mendatang, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sleman dan DIY melakukan peninjauan ketersediaan komoditas bahan pokok ke Pasar Gamping, Selasa (23/3).

Rombongan mendatangi sejumlah pedagang yang menjual sembako untuk mendapat informasi langsung mengenai ketersediaan dan harga bahan pokok.

“Dari hasil pemantauan di Pasar Gamping, ketersediaan bahan pokok maupun harga bahan pokok saat ini relatif stabil,” ujar Danang usai peninjauan seperti yang ditulis dalam keterangan resmi yang diterima Gudegnet, Selasa (23/3).

Beberapa bahan pangan seperti cabai memang naik, tetapi tren kenaikan harga cabai sudah dimulai beberapa saat setelah musim hujan tiba.

Danang menilai hal tersebut dipengaruhi hasil petani yang belum stabil dikarenakan cuaca yang tidak menentu sehingga harga cabai belum stabil.

Permasalahan yang dihadapi pedagang pasar yaitu permintaan masyarakat yang mengalami penurunan mencapai 30-50 persen.

Salah satu sebab turunnya permintaan adalah rumah makan dan warung yang belum beraktivitas seperti biasanya, atau bahkan belum buka kembali.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Tri Saktiyana mengatakan bahwa hasil peninjauan ketersediaan dan harga bahan pokok di Pasar Gamping Sleman memiliki kesamaan dengan hasil peninjauan di wilayah Bantul, yaitu adanya ketidakstabilan harga cabai rawit merah.

“Dari peninjauan (Pasar Gamping) hampir sama dengan yang ada di Bantul. Yang masih bergejolak itu harga cabai rawit merah. Namun hari ini (di Pasar Gamping) sudah mulai turun,” tuturnya.

Saat peninjauan di kawasan Bantul harga cabai mencapai Rp110.000 per kilogram, sedangkan di Pasar Gamping, harga cabai di kisaran Rp100.000 per kilogramnya.

Menurut Tri Saktiyana, Pasar Gamping bisa menjadi salah satu tolok ukur dari ketersediaan dan harga bahan pokok saat ini dikarenakan letaknya yang strategis yaitu berdekatan dengan perbatasan Sleman, Bantul, dan juga Kota Yogyakarta.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM



    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini